3 Wisata Batu Granit Unik dengan Mitos Menarik di Belitung

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #191
 
 Asep Irwan Gunawan  26/02/2020
Location: Belitung VIEW 9756 LIKE 66

Belitung memang dikenal sebagai tempat yang menghadirkan fenomena batu granit. Fenomena batu granit di Belitung ini tidak hanya menghadirkan sesuatu dengan ukuran besar dan banyak. Tapi beberapa batu granit yang ada di Belitung ini ada yang unik dengan mitosnya tersendiri. Tentu dengan mendatangi tempat yang memiliki batuan granit yang unik ini akan membuat kisah liburan Anda di Belitung akan semakin berkesan. Namun supaya liburan Anda di tempat yang menghadirkan batu granit unik ini bisa maksimal, maka disarankan Anda untuk menyewa guide atau pemandu wisata. Ini karena wisata dengan batu granit unik ini perlu penjelasan yang lengkap. Nah dari penjelasan dari guide dan pemandu wisata inilah maka Anda akan bisa mendapatkan informasi yang menarik mengenai batu granit unik tadi. Dari sinilah liburan Anda akan jadi lebih berkesan. Nah, berikut ini adalah beberapa wisata batu granit unik dengan mitos menarik di Belitung yang menarik untuk dikunjungi.

1. Batu Buyong

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Wisata pertama yang menghadirkan batu granit unik dengan mitos menarik untuk dikunjungi adalah Batu Buyong. Batu Buyong sendiri merupakan sebuah batu dimana pada awalnya seukuran kepala bayi dengan memiliki riwayat yang panjang. Menurut keyakinan, Batu Buyong ini merupakan peninggalan prajurit Kerajaan Majapahit yang datang dari Pulau Jawa. Fungsi Batu Buyong ini sendiri adalah sebagai pertanda dikuasainya pulau atau tempat yang telah didatangi prajurit Majapahit. Ketika prajurit Majapahit ini datang ke Belitung, mereka terkesima dengan keindahan pulau Belitung dan kemudian atas perintah raja, mereka diinstruksikan meletakkan batu yang kemudian dikenal dengan nama Batu Buyong. Meski pada awalnya hanya batu biasa karena merupakan batu dapur (batu dari tanah liat yang dibulatkan) yang dibawa dari Pulau Jawa.

Namun setelah Batu Buyong ini ditinggalkan oleh prajurit Majapahit, batu ini kemudian mulai menampakkan hal-hal yang aneh dan tidak masuk akal. Keunikan batu Buyong ini adalah ukurannya dari seukuran kepala bayi yang terus membesar hingga saat ini tingginya lebih dari tinggi orang dewasa. Tidak hanya membesar, tapi Batu Buyong ini juga memiliki keunikan atau keanehan lain yaitu berdiri tegak di bidang yang miring. Seperti diketahui bahwa Batu Buyong ini memang berada di lokasi yang memiliki kemiringan sekitar 40 derajat. Dengan bentuknya yang bulat, tentu sangat mengherankan bila kemudian Batu Buyong ini tidak jatuh menggelinding. Karena keunikan dan keanehan pada Batu Buyong ini maka tidak sedikit kemudian warga masyarakat yang menjadikan kawasan Batu Buyong ini senagai tempat mistis. Dari sini maka ada beberapa orang yang melakukan semedi dengan permohonan sesuatu di tempat atau area Batu Buyong. Karena merupakan tempat yang dianggap mistis, maka ketika berada di lokasi, Anda disarankan untuk bisa menjaga tutur kata dan sikap. Untuk mengunjungi wisata Batu Buyong ini Anda bisa menuju Desa Tanjung Batu Itam, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

2. Batu Baginda

Berikutnya, wisata batu granit unik dan menyimpan mitos menarik yang bisa kita kunjungi di Belitung yaitu Batu Baginda atau ada yang menyebut Batu Baginde. Batu Baginda sendiri adalah fenomena batuan granit di tengah daratan dengan ukuran yang super besar. Bahkan begitu besarnya ukuran Batu Baginde ini membuatnya nampak seperti bukit atau gunung. Batu granit seperti ini memang jarang ditemukan, terutama di daratan. Sebab, kebanyakan batu granit di Belitung berada di tepian pantai. Batu baginda yang berada di Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung ini memang menarik. Selain ukurannya yang besar, Batu Baginde ini juga memiliki beberapa keistimewaan. Batu dengan ketinggian 250 meter dan diameter 1,5 meter ini memang mempunyai dua batu besar yang berdekatan. Berdasarkan keyakinan masyarakat sekitar, dua batu ini adalah pasangan laki-laki dan perempuan.

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Dari kepercayaan inilah kemudian banyak orang menjadikan lokasi Batu Baginda sebagai tempat yang disakralkan. Bahkan beberapa diantara orang yang mempercayai kesakralan Batu Baginda menjadikan tempat ini sebagai tempat bermunajat dan juga mencari pesugihan. Namun saat datang ke sini, Anda tak perlu ikut-ikutan mencari pesugihan. Karena selain mendengarkan riwayat Batu Baginde dari guide, Anda juga bisa melakukan beberapa hal menarik di sini. Hal menarik yang bisa Anda lakukan di sini adalah menikmati pemandangan indah dari puncak Batu Baginde. Dengan ketinggiannya yang mencapai 250 meter memang membuat Batu Baginde mampu menghadirkan panorama indah dari puncak. Beberapa pemandangan yang bisa kita saksikan dari puncak Batu Baginda adalah hamparan laut, pesisir pantai serta hijaunya hutan di bawah bukit. Pemandangan semakin mempesona ketika tiba sore jelang petang, dimana muncul semburat senja di ufuk barat yang sangat indah. Sembari duduk santai dan didukung udara yang sepoi-sepoi, membuat Anda di Batu Baginda ini bisa beristirahat dan rileksasi dengan optimal.

3. Batu Garuda

foto #3

Terakhir, wisata baru granit unik dan memiliki mitos menarik untuk ditelusuri di Belitung adalah Batu Garuda. Sesuai dengan namanya maka di sini kita akan menjumpai sebuah batu granit yang berbentuk seperti burung garuda. Meski hanya nampak pada bagian kepalanya saja, namun batu granit ini cukup populer dan banyak menarik simpati wisatawan. Apalagi letaknya yang berada di depan Pantai Tanjung Kelayang ini membuat Batu Garuda selalu tak dilewatkan untuk dikunjungi. Batu Garuda yang berada di lepas pantai memang kemudian memunculkan penyebutan lain yaitu Pulau Batu Garuda. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Batu Garuda ini memiliki bentuk yang unik yakni seperti kepala burung garuda. Menariknya lagi, bentukan kepala burung garuda ini terbentuk secara alami, tidak diciptakan oleh manusia. Menurut riwayatnya, tidak ada yang pernah mengetahui kemunculan Batu Garuda seperti ini. Tapi pastinya dengan adanya bentukan batu granit unik ini, membuat Batu Garuda sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi bagi Anda pecinta fotografi, Batu Garuda akan menjadi objek fotografi yang keren. Tidak hanya melakukan kegiatan fotografi, tapi di wisata Batu Garuda ini Anda bisa menikmati private island.

Batu Garuda yang berada di lepas pantai memang membuatnya menjadi tujuan island hopping atau tur wisata menuju pulau-pulau. Di Batu Garuda ini kita bisa mendapati perairan yang jernih dan juga pasir putih yang bersih dan halus. Jangan lupakan juga adanya goa batu granit dan telaga bidadari yang ada di sini. Namun untuk mendapati goa batu granit dan telaga bidadari ini, Anda harus melakukan eksplorasi atau penjelajahan. Satu hal yang perlu diperhatikan saat berada di Batu Garuda adalah Anda dilarang melakukan kegiatan vandalisme atau pengrusakan pada bebatuan granit yang ada. Dari beberapa suguhan yang ada di Batu Garuda, maka liburan Anda di Belitung akan semakin seru dan berkesan.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar