6 Sajian di Pantai Tanjung Kelayang yang Akan Membuat Anda Mabuk Kepayang

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #192
 
 Asep Irwan Gunawan  20/05/2019
Location: Belitung VIEW 13639 LIKE 675

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai populer di Belitung. Karena kepoluerannya tersebut, Pantai Tanjung Kelayang selalu menjadi pilihan dan tujuan destinasi agent tour and travel. Selain pesona alamnya yang begitu indah, pantai yang berada di Kecamatan Sijuk ini juga telah ditetapkan sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dari penetapan tersebut, maka Pantai Tanjung kelayang pun semakin memuaskan untuk dikunjungi karena lengkapnya fasilitas yang dimiliki. Dengan jarak tempuh yang terbilang singkat yakni sekitar 30 menit dari Tanjung Pandan dan 1 jam dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, tentu Anda akan sangat rugi bila melewatkan destinasi ini saat ke Belitung. Lalu apa saja sajian menarik yang bisa kita dapati di Pantai Tanjung Kelayang ini? Berikut ulasannya.

1. Airnya Jernih Serta Pasir Putih yang Bersih dan Halus

foto #0 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Sajian menarik pertama yang bisa kita dapati di Pantai Tanjung Kelayang adalah perairannya yang jernih serta pasir putihnya yang bersih dan halus. Sejauh mata memandang kita memang akan mendapati perairan yang jernih di Pantai Tanjung Kelayang ini. Jernihnya perairan di Pantai Tanjung Kelayang ini terbukti dari warna biru-toska yang sangat mencolok terlihat. Selain itu jernihnya perairan di Pantai Tanjung Kelayang ini terbukti dari keberadaan terumbu karang yang bisa dilihat dengan mata secara langsung. Menariknya lagi perairan yang jernih di sini juga didukung dengan ombak yang tidak terlalu besar sehingga Anda bisa bermain air ataupun berenang dengan leluasa. Sementara itu untuk keadaan pasir pantainya di sini kita akan mendapati sebuah pasir putih yang bersih. Selain putih dan bersih, pasir pantai Pantai Tanjung Kelayang ini membentang luas sejauh kurang lebih 4 km sampai ke Tanjung Tinggi. Sementara itu garis pantainya membentang sepanjang 1,5 km. Dan total luas area Pantai Tanjung Kelayang adalah 324,4 hektar. Dari sini maka Anda pun bisa dengan leluasa mengeksplorasi pantai ataupun bermain pasir pantai nan eksotik tersebut.

2. Terdapat Dua Sisi Pantai dengan Sajian yang Berbeda

foto #1 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Bila kebanyakan pantai memiliki satu area dengan pemandangan yang sama, maka di Pantai Tanjung Kelayang ini kita akan bisa mendapatkan dua sisi pantai yang memiliki sajian berbeda. Sajian pertama bisa kita dapati di sisi sebelah Timur Pantai Tanjung Kelayang. Di sisi sebelah Timur yang merupakan pintu masuk Pantai Tanjung Kelayang ini kita akan menjumpai sajian pantai dengan pasir putih tanpa bebatuan granit. Dengan permukaan yang lebar, di sini Anda bisa dengan leluasa bermain pasir pantai atau berenang. Dari sisi sebelah Timur ini kita juga bisa menjumpai pemandangan Pulau Batu Garuda yang berada 300 meter ke arah Utara. Sementara itu di sisi sebelah Barat Pantai Tanjung Kelayang kita bisa mendapati banyak bebatuan granit. Selain itu di sini kita juga bisa mendapati banyak pemandangan pulau-pulau kecil. Untuk menikmati pemandangan bebatuan granit terbaik di sini kita bisa mendapatinya dari puncak batu-batu granit di area ujung di semenanjung. Pada sore jelang petang, sisi sebelah Barat Pantai Tanjung Kelayang ini sangatlah memukau. Pasalnya dari sisi ini kita bisa menjumpai panorama sunset yang begitu indah dan mempesona dengan background pulua-pulau kecil.

3. Banyak Pulau-pulau Kecil di sekitarnya untuk Dijelajahi

foto #2 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Pantai Tanjung Kelayang merupakan kawasan yang dikenal sebagai titik awal melakukan island hopping. Island hopping sendiri adalah tur keliling pulau-pulau kecil di sekitar Pantai Tanjung Kelayang. Di sekitar Pantai Tanjung Kelayang, kita memang akan mendapati banyak pulau-pulau kecil yang memang menarik untuk dijelajahi. Beberapa pulau kecil di sekitar Pantai Tanjung Kelayang tersebut antara lain pulau lengkuas, pulau batu berlayar, pulau pasir, pulau batu garuda, pulau kepayang dan lainnya. Karena menjadi titik awal island hopping maka di Pantai Tanjung Kelayang ini kita akan bisa mendapati banyak perahu nelayan yang menawarkan untuk disewa. Untuk melakukan island hopping ini maka disarankan Anda untuk menyediakan perbekalan makanan dan minuman. Sebab di pulau-pulau kecil yang Anda kunjungi, tidak akan ada penjual makanan dan minuman. Pulau-pulau kecil tersebut memang tidak berpenghuni, kecuali di Pulau Lengkuas dimana ada penjaga mercusuar. Maka dari itu pastikan Anda menyediakan perbekalan saat melakukan island hopping.

4. Ada Pulau Batu Garuda yang Unik

foto #3 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Ciri khas dari Pantai Tanjung Kelayang ini adalah adanya pulau kecil yang tersusun dari beberapa tumpukan bebatuan granit. Namun batuan granit di sini bukanlah batu granit biasa. Sebab di sini ada sebuah batu granit unik yang berbentuk seperti kepala burung garuda. Ada yang menyatakan pula bentukan batu granit tersebut seperti burung Kelayang. Nah dari sinilah maka kemudian muncul nama Kelayang untuk penamaan pantai di dekatnya tersebut. Tentu saja bentukan batu granit di sini bukanlah hasil dari perbuatan manusia. Tapi bentukan batu granit di Pulau Batu Garuda ini adalah bentukan alami. Bahkan letak dan posisinya diyakini tidak pernah berpindah sejengkal pun sejak zaman megalitikum. Untuk menuju ke Pulau Batu Garuda ini sendiri tidaklah sulit karena jaraknya yang hanya 300 meter di depan Pantai Tanjung Kelayang. Bahkan ketika laut surut, Anda bisa menuju ke Pulau Batu Garuda ini dengan berjalan kaki. Di Pulau Batu Garuda ini sendiri Anda bisa melakukan banyak hal dari berenang, bermain pasir putih hingga berfoto dengan latar belakang batu garuda yang instagramable.

5. Banyak Event Pariwisata yang Diadakan di Sini

foto #4 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Selanjutnya, sajian menarik yang bisa kita dapati di Pantai Tanjung Kelayang adalah event-event pariwisata bertaraf nasional dan internasional. Karena sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan zona pengembangan ekonomi wisata khusus, maka di Pantai Tanjung Kelayang ini akan bisa dijumpai beberapa event pariwisata yang digelar. Salah satu event yang digelar di sini adalah Rally Sail Indonesia. Rally Sail Indonesia sendiri adalah event yang menghadirkan kapal-kapal yatch. Selain Rally Sail Indonesia, di Pantai Tanjung Kelayang ini juga pernah digelar event seperti Sail Wakatobi Belitong, turnamen bola voli pantai se-ASEAN, festival dan lomba layang-layang, kegiatan festival maritim, lomba menyelam dan lain sebagainya. Bahkan begitu menariknya Pantai Pulau Kelayang ini kemudian dijadikan sebagai lokasi pembuatan film Laskar pelangi.

6. Fasilitas yang Lengkap

foto #5 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Terakhir, sajian menarik yang dapat kita dapati di Pantai Tanjung Kelayang yaitu adanya fasilitas yang lengkap. Dengan ditetapkannya Pantai Tanjung Kelayang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan zona pengembangan ekonomi wisata khusus, memang membuat kawasan pantai ini mengalami progress yang sangat pesat. Pesatnya perkembangan Pantai Tanjung Kelayang kemudian mempengaruhi fasilitas serta sarana dan prasarana pendukung. Bukan hanya sarana dan prasarana umum seperti area parkir, tempat ibadah dan toilet saja yang bisa dijumpai di sini. Tapi beberapa restoran, cafe dan juga villa bisa juga kita nikmati di Pantai Tanjung Kelayang. Villa sendiri bisa kita dapati sekitar 500 meter dari lokasi semenanjung Pantai Tanjung Kelayang.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar