Inilah Sirup Jeruk Kunci, Minuman Khas Belitung yang Patut Dicoba

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #211
 
 Asep Irwan Gunawan  18/02/2020
Location: Belitung VIEW 40681 LIKE 93

Mencoba makanan dan minuman khas dari daerah tertentu memang akan sangat menarik. Pasalnya, bisa jadi makanan dan minuman yang akan kita coba tersebut baru pertama kita nikmati. Dari sini maka saat mencoba makanan dan minuman khas itu maka kita bisa merasakan sensasi baru dan menciptakan pengalaman yang mengesankan. Salah satu jenis kuliner khas yang menarik untuk kita coba adalah Sirup Jeruk Kunci yang merupakan minuman asli Belitung. Lalu seperti apakah minuman khas Belitung bernama Sirup Jeruk Kunci ini? Berikut ulasannya.

KHASIAT SIRUP JERUK KUNCI

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Sirup Jeruk Kunci sendiri merupakan minuman khas Belitung yang sangat menyehatkan. Ini karena Sirup Jeruk Kunci memiliki banyak kandungan vitamin, terutama vitamin C yang tinggi. Dari kandungan tersebut maka Sirup Jeruk Kunci menjadi minuman yang sangat menyehatkan bila dikonsumsi. Salah satu khasiat Sirup Jeruk Kunci untuk kesehatan adalah melancarkan pencernaan. Selain itu Sirup Jeruk Kunci ini juga dapat menyembuhkan pilek bagi yang sedang mengalaminya. Bagi yang sedang diet, minuman khas Belitung ini juga sangat tepat untuk dikonsumsi. Namun dengan kandungan vitamin C yang tinggi maka minuman ini tidak disarankan dikonsumsi oleh para penderita penyakit maag dan asam lambung. Agar lebih nikmat saat dinikmati maka Sirup Jeruk Kunci ini bisa Anda tambahkan dengan es atau air dingin.

PROSES PEMBUATAN SIRUP JERUK KUNCI

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Untuk membuat Sirup Jeruk Kunci ini memang dibutuhkan beberapa proses yang harus benar-benar diperhatikan tahapannya. Salah seorang produsen Sirup Jeruk Kunci yakni Hera menjelaskan proses pembuatan minuman khas Bangka-Belitung ini dengan beberapa tahapan yang tidak sembarangan. Berikut beberapa tahapan pembuatan Sirup Jeruk Kunci yang dijelaskan oleh Hera.

1. Pertama, proses pembuatan Sirup Jeruk Kunci ini diawali dengan mencuci buah jeruk kunci.

foto #2

2. Setelah itu jeruk kunci diiris dan diperas dengan menggunakan alat bantu manual. Pemilihan alat bantu manual untuk pemerasan jeruk kunci ini dimaksudkan agar higienis dan yang lebih penting supaya kualitasnya tetap terjaga.

3. Sesudah itu, jeruk kunci yang sudah diperas, dicampur dan diaduk rata dengan bahan lain seperti gula pasir putih dan air untuk dimasak.

4. Saat proses memasak, bahan-bahan tadi harus tetap diaduk hingga matang.

5. Setelah matang, bahan-bahan Sirup Jeruk Kunci ini disaring terlebih dahulu untuk kemudian dimasukkan ke dalam wadah.

6. Berikutnya, sirup ini harus didinginkan terlebih dahulu sekitar 30 menit.

7. Ketika sudah dingin sirup bisa ditunangkan ke gelas atau dimasukkan ke dalam botol.

8. Terakhir, Sirup Jeruk Kunci siap dinikmati.

SIRUP JERUK KUNCI PRODUKSI HERA

Salah satu produsen Sirup Jeruk Kunci adalah Herawati (Hera) yang sudah menjalankannya sejak tahun 2012. Dengan mengusung merk Mirrando, Hera yang menjalankan bisnis rumahan Sirup Jeruk Kunci ini terbilang sukses. Sebab, omset bisnis yang bisa tembus Rp 24 juta/bulan jika sedang ramai. Bila pun dalam kedaaan biasa, dirinya mengaku masih bisa mendapatkan omset hingga Rp 20 juta/bulan.

Ide Hera membuat dan menjual Sirup Jeruk Kunci diawali ketika dirinya melihat banyak pohon jeruk kunci di daerahnya. Jeruk kunci yang biasa digunakan menjadi jeruk sambal tersebut kemudian diolah Hera menjadi minuman yang menyehatkan dan murah. Menurut Hera, pembuatan atau produksi sirup ini terbilang mudah karena bahan-bahannya yang banyak dan mudah didapat. Meski di Bangka-belitung ini buah jeruk kunci mudah didapatkan, tapi Hera saat ini sudah bekerja sama dengan para petani yang menanam jeruk kunci supaya mendapatkan bahan berkualitas.

Selain karena ide melihat buah jeruk kunci yang banyak dan mudah didapatkan, keputusan Hera menjual minuman khas Bangka-Belitung ini didorong olah suaminya untuk berwirausaha supaya dapat banyak membantu orang lain.

PRODUKSI DAN PEMASARAN SIRUP JERUK KUNCI

Dalam kapasitas produksi, pada awal usahanya Hera mengakui menjual dalam skala kecil yakni untuk toko dan kebutuhan bazar. Tapi setelah sekian lama usahanya berkembang, kapasitas produksinya juga ikut bertambah. Bertambahnya kapsitas produksi Sirup Jeruk Kunci dari usaha Hera ini tidak lain tidak bukan dikarenakan oleh meningkatnya jumlah permintaan. Jadi saat usahanya terus berjalan, datang juga permintaan dari luar daerah. Untuk Sirup Jeruk Kunci yang dibuat Hera, dijual per-botolnya dengan harga Rp 15.000 untuk distributor dan Rp 17.000 untuk penjualan ecer di toko-toko.

Sementara itu untuk varian Sirup Jeruk Kunci ini, Hera menghadirkan dua macam yakni rasa sinmoi dan juga original yang sama-sama menghadirkan rasa yang unik. Produk Sirup Jeruk Kunci buatan Hera sendiri telah memiliki ijik HAKI, cap halal serta terkandung nilai nutrisi dan gizinya. Menariknya lagi, Sirup Jeruk Kunci yang dibuat Hera bisa bertahan hingga 1 tahun bila disimpan dalam lemari pendingin. Untuk satu botol Sirup Jeruk Kunci buatan Hera ini memiliki ukuran 250 ml.

Beberapa daerah pemasaran Sirup Jeruk Kunci yang sudah dicapai Hera adalah Pangkalpinang, Sungailiat, Belinyu, Koba, Toboali, Jakarta, Depok, Lampung dan Tegal, dan Lampung. Selain menjualnya secara offline ke toko-toko dan beberapa pameran, saat ini Hera juga menghadirkan Sirup Jeruk Kunci ini di dunia maya agar masyarakat juga bisa memesannya secara online. Dengan semakin banyaknya permintaan, Hera mengakui bahwa usahanya saat ini bisa memproduksi dan menjual Sirup Jeruk Kunci mencapai 800 botol perbulan dan dapat meningkat mencapai 1500 botol ketika hari libur.

SEMPAT AKAN GULUNG TIKAR

Meski saat ini usahanya terbilang sukses, Hera mengakui bahwa dirinya pernah akan menutup dan menyetop produksi Sirup Jeruk Kunci. Tepatnya pada tahun 2014 yang lalu, dirinya mengakui bahwa usahanya tidak ada perkembangan dan membuatnya putus harapan. Untungnya ada sahabatnya yang menceritakan PT Timah,Tbk menerima mitra binaan UKM. Dari sinilah harapan baru muncul. Walau sempat ragu karena merasa tidak mampu membayar angsuran setiap bulannya, Hera akhirnya mendapati hal yang berbeda. Ini karena Hera megikuti secara rutin seminar bisnis yang diadakan PT Timah hingga dirinya mendapatkan modal serta pendampingan bisnis.

DUKUNGAN DARI DINAS KOPERASI DAN UMKM PROVINSI BANGKA BELITUNG

Usaha yang dijalankan oleh Hera sendiri didukung penuh oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bangka Belitung. Menurut Elfiyena selaku kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bangka Belitung, usaha yang dijalankan Hera ini merupakan harapan bagi Dinas Koperasi dan UMKM Babel untuk mempopulerkan produk-produk khas dan daerah Bangka-Belitung.

HARAPAN ATAS PRODUK SIRUP JERUK KUNCI

Meskipun usahanya sudah ada kemajuan yang pesat, tapi Hera masih menyimpan harapan yang lebih besar. Selain ingin Sirup Jeruk Kunci ini semakin dikenal sebagai minuman khas daerah Bangka-Belitung, Hera juga berharap bahwa produksinya semakin meningkat karena permintaan yang semakin besar. Dengan menjadi minuman khas Bangka-Belitung, Hera memang banyak berharap produknya semakin dicari wisawatan.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar

  • belitung comment
    Sirup Jeruk Kunci
    22 Feb 2020

    Cara termudah untuk menikmati es jeruk kunci khas Belitung adalah dengan membeli sirop nya. Bisa dibeli online atau beli di toko oleh-oleh di Belitung. Rasanya tidak berbeda dengan jeruk kunci di Belitung.