Lihat dan Saksikan Gerhana Matahari Total 2016 di Belitung

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #123
 
   28/07/2015
Location: VIEW 4231 LIKE 1441
BELITUNG menjadi salah satu wilayah yang bisa digunakan sebagai tempat melihat Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang. Negeri Laskar Pelangi juga ditetapkan sebagai acara puncak GMT 2016 mendatang oleh pemerintah puasat.



Setidaknya ada 9 wilayah lainnya yang bisa menyaksikan GMT 2016, antara lain Palembang, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Luwuk, Poso, Ternate dan Halmahera. Namun Menter Koordinator Kemaritiman memilih Belitung dalam acara puncak.



Penempatan acara puncak di Belitung diperkirakan akan membuat Belitung menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi pemburu gerhana (eclipse hunter). Selain itu ilmuwan, wisatawan lokal maupun luar negeri serta awak media akan berbondong-bondong ke Belitung.



"GMT tidak hanya terkait aspek kepariwisataan saja. Tapi juga aspek ilmiah (science), untuk penelitian dan pengamatan di berbagai bidang ilmu terkait fenomena gerhana seperti astronomi, geofisika, klimatologi, biologi," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung Hermanto beberapa waktu lalu.



Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo lebih memilih Belitung Timur (Beltim) sebagai lokasi acara puncak GMT 2016. Ia menargetkan banyak wisatawan dan ilmuwan asing yang datang dan tinggal lebih lama di daerah ini. Sehingga menghasilkan devisa.



GMT 2016 akan didahului dengan konferensi internasional gerhana matahari di Jakarta pada 8 Maret 2016. Selanjutnya, paket wisata gerhana digelar. Ia berharap sektor pariwisata juga akan memanfaatkan momen ini mengembangkan potensinya. (*)

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar