Tari Mendulang Timah, Tarian Kolosal di Belitung yang Meriah

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #208
 
 Asep Irwan Gunawan  19/11/2019
Location: Belitung VIEW 12583 LIKE 242

Belitung sebagai daerah destinasi populer saat ini memiliki banyak sajian yang bisa dinikmati. Pada umumnya wisatawan yang ke Belitung memang banyak yang ingin mendatangi pantainya yang mempesona. Pantai-pantai di Belitung memang terbilang sangat indah dan mengesankan bagi setiap pengunjung yang datang. Dari sinilah nama Belitung kemudian sangat erat berkaitan dengan obyek wisata pantai bagi masyarakat yang mendengarnya. Tapi bila kita mau menelusuri Belitung lebih dalam, maka akan ada suguhan selain pantai yang ternyata juga sangat menarik bila diekplorasi. Salah satu sajian menarik selain pantai yang akan membuat liburan Anda di Belitung lebih seru dan berkesan yakni tarian-tariannya.

Tari Mendulang Timah yang Ceria dan Menggembiarakan

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Tarian di Belitung sendiri ada banyak ragamnya. Semua tarian tersebut memiliki ciri khas tersendiri yang begitu memikat bila disaksikan. Salah satu tarian yang menarik untuk disaksikan di Belitung yaitu Tari Mendulang Timah. Tari Mendulang Timah ini memang mengesankan karena dilakukan secara beramai-ramai hingga membuatnya semakin meriah. Tidak hanya itu, para penari pada Tari Mendulang Timah ini nampak begitu ceria sehingga penonton pun akan terbawa suasana kegembiraan tersebut.

Tarian yang Terinspirasi dari Ide Andrea Hirata

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Tarian yang menggambarkan keprihatinan kehidupan anak-anak di Belitung yang miskin serta putus sekolah ini terinspirasi dari ide Andrea Hirata. Boleh dikatakan pula bahwa pencipta Tari Mendulang Timah ini adalah Andrea Hirata. Andrea Hirata sendiri adalah peulis novel Laskar Pelangi yang fenomenal hingga kemudian dibuatkan versi layar lebarnya yang juga booming. Keprihatinan Andrea Hirata pada anak-anak Belitung yang miskin dan banyak pula yang putus sekolah akibat bekerja di pertambangan timah inilah yang kemudian menghadirkan Tari Mendulang Timah. Seperti kita tahu bahwa pada masa kejayaan timah di Belitung banyak anak-anak yang mengorbankan sekolah dan lebih memilih bekerja di pertambangan. Saat bekerja menambang timah, anak-anak ini sendiri banyak menghadapi kesulitan dan bahaya seperti berkubang dalam lumpur atau dipatok ular. Meski pada awalnya upah mendulang timah ini terbilang besar, tapi seiring perjalanan waktu saat harga timah turun drastis membuat mereka menjadi menyesal karena sudah melewatkan banyak waktu untuk masa depannya. Dari sinilah Andrea Hirata yang hidup dan mengetahui masa-masa dimana banyak anak menambang timah kemudian menghadirkan Tari Mendulang Timah. Dari ide awal Andrea Hirata ini dimana jumlah penarinya hanya 15 orang, kemudian oleh beberapa seniman terutama seniman lulusan ISI Yogyakarta yang mengembangkannya. Hasil pengembangan dari para seniman pada ide awal Andrea Hirata ini kemudian membuat Tari Mendulang Timah ini menjadi lebih kolosal.

Tarian Kreasi Sanggar Tari Belitong Lesong Batang

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Tari Mendulang Timah secara utuh akhirnya tercipta dari kreasi Sanggar Tari Belitong Lesong Batang, Kelurahan Lesung Batang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Tarian ini sendiri dikreasikan untuk menggambarkan kegiatan menambang timah yang merupakan kegiatan utama masyarakat Belitung pada zaman dulu. Riwayat atau sejarah Belitung memang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan pertambangan timah. Pasalnya di sini sejak tahun 1852, timah sudah mulai dieksplorasi dengan cara ditambang.

Tarian Mendulang Timah yang Lekat dengan Kehidupan Masyarakat Belitung

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Sebagai komoditas dan hasil bumi di Belitung yang banyak diminati, Timah saat itu begitu merasuki kehidupan masyarakat Belitung. Maka tak sedikit kemudian masyarakat yang bekerja atau berprofesi sebagai penambang timah. Tidak hanya dari kalangan dewasa, tapi anak-anak pun tak jarang juga bekerja menambang timah. Bahkan ketika PN Timah dan kejayaan timah di Belitung sudah sirna, beberapa kelompok masyarakat masih saja ada yang menambang timah. Nah dari begitu lekatnya kehidupan penambang timah di Belitung, Andrea Hirata menciptakan tarian bernama Tari Mendulang Timah yang kemudian dikembangkan dan ditampilkan oleh Sanggar Tari Belitong Lesong Batang, Kelurahan Lesung Batang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Karena itulah maka tarian ini akan sangat menggambarkan aktivitas mendulang timah secara tradisional yang dulu dilakukan oleh masyarakat Belitung.

Persiapan Sebelum Tarian Dimulai

foto #4 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Tari Mendulang Timah ini memang terlihat begitu atraktif. Ini katena tarian ini dilakukan oleh para penari anak-anak dan remaja dengan penuh keceriaan. Selain penari yang umumnya kalangan remaja laki-laki, jumlah penari yang banyak hingga ratusan membuat Tari Mendulang Timah terasa begitu meriah. Para penari ini saat membawakan tarian akan hanya memakai celana pendek tanpa baju. Tidak hanya itu, badan para penari yang tanpa pakaian tersebut akan dilumuri lumpur berwarna-warni sebelum tampil. Lumpur warna-warni yang menempel di tubuh para penari ini berasal dari campuran kaolin dan bahan pewarna kue. Dari sini saja sudah terlihat bagaimana meriah dan serunya Tari Mendulang Timah. Perlengkapan lain yang perlu disiapkan untuk melakukan tarian ini adalah dulang yang merupakan alat untuk mendulang timah.

Gerakan Tarian Mendulang Timah

foto #5

Setelah persiapan sudah selesai dilakukan maka Tari Mendulang Timah pun akan segera dilakukan. Para penari yang banyak dari kalangan anak-anak hingga remaja laki-laki ini akan melakukan gerakan-gerakan mendulang timah. Mengenai gerakan pada Tari Mendulang Timah ini terbilang atraktif. Ditambah lagi dengan suara dan teriakan-teriakan dari para penari, membuat tarian ini semakin terasai riuh. Dalam melakukan tarian, satu persatu anak berlari ke tanah lapang dan kemudian membuat lingkaran serta melakukan gerakan-gerakan mendulang timah dengan alat berupa dulang yang dibawa. Selain terbilang atraktif, Tari Mendulang Timah ini napak begitu kompak. Dan yang pasti dari semangat dan keceriaan yang dibawakan oleh para penari membuat siapapun yang melihatnya akan antusias dan beberapa kali bukan tidak mungkin para penonton akan tertawa menyaksikan kelucuannya.

Gelaran Tari Mendulang Timah

Tari Mendulang Timah sendiri dapat Anda saksikan dibeberapa gelaran di Belitung seperti Belitung Beach Festival yang diadakan di Pantai Tanjung Pendam beberapa waktu lalu atau juga Festival Laskar Pelangi yang pernah diselenggarakan tahun 2015. Pada saat gelaran Festival Laskar Pelangi yang diadakan pada bulan Agustus 2015 di Pantai Tanjung Tinggi ini sendiri, Tarian Mendulang Timah mendapat perhatian yang sangat besar dari para penonton. Bahkan penonton dari mancanegara pun terkagum-kagum dengan tarian yang kini selalu ditampilkan pada berbagai agenda di Belitung. Bahkan begitu mengesankannya Tari Mendulang Timah pada agenda Festival Laskar Pelangi, membuat tarian tersebut ditempatkan sebagai puncak rangkaian pentas seni budaya dari masyarakat Belitung.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar