Inilah 7 Air Terjun Eksotik di Belitung Untuk Isi Liburan

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #155
 
 Asep Irwan Gunawan  16/01/2018
Location: Pulau Belitung VIEW 8624 LIKE 1786

Pulau Belitung bukan hanya memiliki sajian pantai yang indah saja untuk dinikmati saat berlibur. Tapi di pulau yang berada Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung ini juga punya wisata air terjun yang eksotik. Nah berikut ini adalah beberapa air terjun yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Belitung.

1. Air Terjun Kepala Kawai

foto #0 http://belitung.tribunnews.com
http://belitung.tribunnews.com

Air terjun pertama yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur di Belitung yaitu Air Terjun Kepala Kawai. Air terjun yang berada di sebuah bukit dengan tinggi 200 mdpl ini memiliki tujuh tingkatan yang membuat aliran airnya mengalir turun ke bawah dengan perlahan. Dengan tinggi sekitar 15 meter maka air terjun yang juga disebut Jurak Insum Kepala Kawai akan terlihat memukau untuk disaksikan. Ditambah dengan dukungan alam yang masih sangat asri menjadikan siapa pun yang berada di Air Terjun Kepala Kawai akan merasakan kenyamanan. Air Terjun Kepala Kawai memang berada di kawasan hutan lindung yang memiliki luas 10 hektar. Selain mandi, berenang, bersantai dan berfoto-foto, di Air Terjun Kepala Kawai ini Anda juga bisa melakukan kegiatan rock climbing. Adanya batu dengan bentuk boulder yang tegak ke atas di sekitaran air terjun memang menjadikan kegiatan rock climbing di sini mumpuni untuk dilakukan. Untuk ke Air Terjun Kepala Kawai Anda harus menuju ke Dusun Aik Nangka, Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

2. Air Terjun Gurok Beraye

foto #1 https://awibowo325.files.wordpress.com
https://awibowo325.files.wordpress.com

Berikutnya, air terjun yang bisa Anda datangi di Belitung yakni Air Terjun Gurok Beraye. Air Terjun yang berada di Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung ini akan membuat Anda terkesan. Hal ini karena Air Terjun Gurok Beraye punya sajian alam yang asri dan alami. Di sini Anda akan mendapati air yang jernih sehingga membuat kegiatan mandi dan berenang di sini jadi lebih menyegarkan. Karena begitu jernihnya Air Terjun Gurok Beraye membuat Anda juga bisa melakukan selfie underwater. Tidak lupa juga dengan keberadaan terumbu karang di dasar kolam air terjun membuat kita di sini bisa mendapati ikan-ikan yang banyak di dasar kolam. Dengan tinggi 300 meter di bawah Gunung Tajam, Air Terjun Gurok Beraye menghadirkan aliran air yang melintasi batuan dengan pelan. Waktu terbaik datang ke sini adalah pada saat musim hujan karena bila Anda datang pada musim kemarau maka Anda akan mendapati air yang sedikit.

3. Air Terjun Marsilla

foto #2 http://beautifulbelitung.com
http://beautifulbelitung.com

Air terjun yang satu ini nampak seperti tirai putih dari kejauhan. Berada di kawasan yang belum banyak terjamah manusia menjadikan Air Terjun Marsilla ini nampak begitu eksotik dan mempesona. Keasrian Air Terjun Marsilla sendiri bukan hanya nampak pada hijaunya lingkungan. Tapi jernihnya air yang ada membuktikan bahwa Air Terjun Marsilla masih begitu alami dan asri. Dengan air yang jernih ini maka Anda pun bisa melakukan kegiatan mandi dan berenang dengan memuaskan. Sementara itu dengan lingkungannya yang asri membuat Anda bisa berfoto-foto dan bersantai dengan maksimal. Air Terjun Marsilla sendiri mempunyai dua air terjun yang berada di atas dan di bawah. Dari keberadaan dua air terjun tersebut maka Anda di sini bisa melakukan kegiatan trekking dengan maksimal. Nama Marsilla pada air terjun ini sendiri diambil dari nama pemilik sekaligus pengelolanya. Air terjun yang dikelola swadaya tersebut bisa Anda datangi di Kampung Bentaian, Desa Nyuruk, Kecamatan Dendang, Kabupaten Belitung Timur.

4. Air Terjun Gurok Pakuk

foto #3 https://twitter.com/pulaubelitong
https://twitter.com/pulaubelitong

Selain Air Terjun Gurok Beraye, di kawasan wisata Gunung Tajam ini Anda juga bisa mendapati air terjun lainnya bernama Air Terjun Gurok Pakuk. Meski tak sepopuler Air Terjun Gurok Beraye, Air Terjun Gurok Pakuk tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, air terjun yang memiliki ketinggian tujuh meter dan lebar satu meter ini mempunyai lingkungan yang begitu asri dan alami. Apalagi bagi Anda pecinta trekking dan kegiatan penjelajahan, maka destinasi yang ada di Desa Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung ini akan membuat aktivitas tersebut lebih optimal. Hal ini dikarenakan akses jalan ke Air Terjun Gurok Pakuk masih terbilang sangat menantang. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Air terjun Gurok Beraye juga menjadikan Air Terjun Gurok Pakuk diproyeksikan sebagai destinasi wisata Belitung selanjutnya.

5. Air Terjun Gunung Kubing

foto #4 http://www.belitongupdate.com
http://www.belitongupdate.com

Sesuai dengan namanya maka air terjun yang satu ini bisa Anda jumpai di kawasan Gunung Kubing, Desa Perpat, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. Tidak jauh berbeda dengan obyek wisata Air Terjun Gurok Pakuk, lokasi Air Terjun Gunung Kubing ini juga masih terisolir. Meski aksesnya sulit tapi suguhan alam yang bisa kta nikmati di Air Terjun Gunung Kubing akan membuat kita terkesima. Hal ini dikarenakan Air Terjun Gunung Kubing berada di lingkungan yang masih belum banyak terjamah orang. Selain itu Air Terjun Gunung Kubing ini berada di ketinggian puncak bukit membuat kita bisa menikmati pemandangan luas dari Pulau Belitung sambil berendam. Guyuran air dari Air Terjun Gunung Kubing sendiri turun dengan perlahan melewati bebatuan yang ada hingga membuat Anda tak perlu takut untuk berendam di kolam.

6. Air Terjun Batu Mentas

foto #5 https://belitong.wordpress.com
https://belitong.wordpress.com

Bila Anda ingin menikmati wisata air terjun yang berpadu dengan kawasan konservasi flora- fauna maka Air Terjun Batu Mentas adalah tujuan yang tepat. Hal ini dikarenakan di Air Terjun Batu Mentas memang ada usaha pelestarian hewan dan tumbuhan endemik seperti tanaman kantung Semar, tanaman Tarsius SP, rusa, pelanduk dan lainnya. Air Terjun Batu Mentas sendiri memiliki air terjun yang airnya sangat jernih sehingga membuat Anda bisa mandi dengan sensasi menyegarkan. Air terjun yang berada di kawasan hutan yang dilindungi juga membuat Anda bisa menikmati suasana yang asri dan nyaman. Menariknya di wisata Air Terjun Batu Mentas ini kita juga bisa mendapati fasilitas yang mumpuni seperti area parkir yang luas, gazebo dan juga beberapa tempat makan. Untuk masuk ke Air Terjun Batu Mentas Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000/orang saja. Air Terjun Batu Mentas sendiri bisa Anda datangi di Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

7. Air Terjun DAM

foto #6 https:
https:

Terakhir, wisata air terjun eksotik yang bisa Anda datang di Belitung yakni Air Terjun DAM. Air terjun yang berada di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur ini membuat kita bisa mendapati bukan hanya sajian air terjun. Hal ini karena di sini ada bekas bangunan DAM peninggalan Belanda. Dari sini maka berada di Air Terjun DAM ini kita juga bisa belajar sejarah. Dalam riwayatnya, Air Terjun DAM yang merupakan jalur pendakian di Gunung Burung Mandi ini juga diketahui sebagai tempat pemandian orang-orang Belanda.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar