Berlibur di Kelapa Kampit? Jangan Lupa Datangi 5 Objek Wisata Menarik Berikut Ini

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #164
 
 Asep Irwan Gunawan  16/05/2018
Location: Belitung Timur VIEW 7936 LIKE 984

Bila Anda datang berlibur ke Belitung dan menjadikan Kelapa Kampit sebagai tujuan maka Anda tak boleh melupakan beberapa objek wisata yang ada di sana. Sebagai salah satu daerah dan kecamatan di Kabupaten Belitung yang punya sejarah pertambangan timah maka Kelapa Kampit akan menghadirkan beberapa tempat yang menghadirkan kisah menarik untuk ditelusuri. Selain bekas pertambangan timah, di Kelapa Kampit ini Anda juga bisa mendapati beragam objek wisata yang tak menariknya. Berikut beberapa tempat atau objek wisata yang bisa Anda datangi saat berlibur di Kelapa Kampit.

1. OPEN PIT

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Objek wisata pertama yang bisa Anda datangi di Kelapa Kampit adalah Open Pit. Open Pit sendiri adalah tempat bekas penambangan timah yang bersejarah di Belitung. Bagaimana tidak, Open Pit termasuk penambangan timah terbuka yang tergolong terbesar di Asia Tenggara. Tambang timah yang dulunya dikelola BHP Billiton, perusahaan tambang asal Australia tahun 1971-1985 dan Preussag GmbH of Hannover, perusahaan Jerman dari 1985 hungga 1989 ini akan memberikan Anda banyak cerita menarik. Dengan datang bersama guide maka Anda akan bisa mendapatkan kisah dari penambangan timah di Open Pit ini pada masa lalu. Selain itu dengan adanya danau besar berwarna hijau toska maka Anda di sini juga bisa menikmati pemandangan yang menarik. Begitu menariknya pemandangan destinasi yang berada di Desa Senyubuk Kelapa Kampit ini juga sering dijadikan foto pre-wedding. Hal lain yang bisa kita dapati di Open Pit adalah adanya gua bekas penambangan dan juga beberapa batuan cadas serta tanaman langka kantung semar. Berada di Open Pit ini Anda juga bisa merasakan sensasi petualangan. Ini karena di sini kendaraan tidak bisa masuk hingga ke dalam, sehingga membuat pengunjung harus turun dari kendaraan dan berjalan.

2. PANTAI SENGARAN

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Tujuan objek wisata berikutnya yang bisa Anda datangi di Kelapa Kampit adalah Pantai Sengaran. Pantai Sengaran sendiri sangat tepat untuk Anda yang ingin merasakan sensasi rileksasi dan bersantai dengan maksimal. Hal ini dikarenakan pantai yang berlokasi di Desa Mayang, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur ini tergolong virgin beach yang belum banyak terjamah orang. Dengan demikian maka di sini Anda akan mendapati banyak hal dan suasana yang masih sangat asri dan alami. Keasrian dan kealamian yang ada di Pantai Sengaran ini bisa kita dapati dari air lautnya yang masih jernih serta pasir putih yang bersih. Dengan keadaan pantai yang dangkal maka membuat kegiatan berenang dan bermain air di sini akan sangat menyenangkan. Hal lain dari kelestarian dari Pantai Sengaran yang bisa kita dapati yakni adanya green area atau ruang hijau berwujud hutan bakau. Bahkan begitu rimbunnya hutan bakau di Pantai Sengaran ini membuat tidak banyak orang yang berani memasukinya karena banyak yang menyatakan ada buaya muara yang ganas di dalamnya. Suasana di Pantai Sengaran sendiri begitu tenang dan optimal untuk dijadikan tempat rileksasi dan bersantai. Bahkan begitu tenangnya suasana di Pantai Sengaran membuat Anda bisa merasakan sensasi pantai pribadi atau pantai privat.

3. BUKIT PANGKUAN

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Bagi Anda pecinta wisata ketinggian maka Anda bisa datang ke Bukit Pangkuan. Bukit Pangkuan dengan ketinggian 200 mdpl dan luas 120 hektar ini akan menyuguhkan banyak hal kepada para pengunjungnya. Hal ini karena di Bukit Pangkuan ini Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan indah tapi juga bisa mendapati beberapa fasilitas menarik seperti wahana permainan. Beberapa wahana permainan yang bisa kita nikmati di Bukit Pangkuan ini antara lain trompolin, giant swing, flyingfox serta high rope. Tidak hanya itu wahana pemainan air beserta kolam renangnya juga bisa Anda nikmati di wisata Bukit Pangkuan. Wahana permainan di Bukit Pangkuan ini bisa Anda nikmati dengan membayar tarif tambahan sebesar Rp 20.000 hingga Rp 35.000. Selain dukungan beberapa wahana permaian, di sini Anda juga bisa mendapati beragam fasilitas dan sarana – prasarana umum seperti musholla, area parkir, kamar mandi, toilet, dan juga beberapa warung makan. Wisata yang berada di Desa Mentawak, Kelapa Kampit, Belitung Timur ini bisa Anda kunjungi dengan membayar tarif Rp. 8. 000/orang.

4. SUMBER AIR PANAS BUDING

foto #3 https://plus.google.com
https://plus.google.com

Sedikitnya jumlah wisata pemandian air panas di Kelapa Kampit membuat Pemandian Sumber Air Panas Buding sangat menarik untuk didatangi. Bukan hanya di Kelapa Kampit, namun wisata yang berada di Dusun Bukit Jaya, Desa Buding ini merupakan satu-satunya wisata air panas di Belitung. Dengan keadaan air yang jernih maka membuat sensasi mandi air panas di sini akan semakin menyenangkan. Anda tak perlu mengkhawatirkan suhu air panas di sini, karena air panasnya sudah bercampur dengan air rawa sehingga terasa lebih hangat. Begitu jernihnya air di Sumber Air Panas Buding membuat pengunjung bisa melihat dasar kolam. Pemandian Sumber Air Panas Buding memang berbentuk sebuah kolam yang di kelililingi pagar beton sekitar 30 cm dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Menariknya Pemandian Sumber Air Panas Buding ini mengandung belerang yang dipercaya dapat menghilangkan beberapa penyakit, terutama penyakit kulit. Tidak hanya itu sensasi mandi air hangat di sini juga akan membuat tubuh terasa lebih rileks. Hanya saja karena belum aktifnya Pemerintah Daerah mengelola destinasi ini membuat Pemandian Sumber Air Panas Buding terlihat kurang terawat dan tidak banyak dijumpai fasilitas pendukung.

5. MUSEUM ISTIQOMAH

foto #4 http://denysetiawan25.blogspot.co.id
http://denysetiawan25.blogspot.co.id

Terakhir, objek wisata menarik yang bisa Anda datangi saat berlibur ke Kelapa Kampit di Belitung Timur adalah Museum Istiqomah. Di Museum Istiqomah ini akan ada banyak hal bersejarah yang bisa kita dapati seperti senjata tajam berwujdu tombak, keris, pedang, parang, badik serta senjata dari tanduk rusa. Senjata unik lain yang ada di Museum Istiqomah adalah pedang panjang dengan ukiran yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-5 Masehi. Museum yang pertama kali hadir di Belitung Timur ini juga memiliki beberapa koleksi lain seperti pakaian Kerajaan Buding, mata uang kepeng Belanda, tempat buah yang terbuat dari kuningan, gong kecil (kempul) yang berusia sangat tua, peralatan rumah tangga mas lalu dan juga kayu tua bagian dari masjid. Koleksi paling menarik di Museum Istiqomah ini yakni kubah masjid yang diperkirakan berumur sekitar 4 abad. Dahulu di sekitar Museum Istiqomah ini memang ada sebuah masjid tertua di Belitung. Sayangnya masjid ini sudah diganti dengan masjid baru yang ada di sebelah museum. Dengan beberapa koleksi yang ada di Museum Istiqomah maka pastinya akan membuat Anda memiliki pengetahuan lebih tentang sejarah Belitung, terutama Belitung Timur. Untuk datang ke Museum Istiqomah Anda harus bergerak ke arah Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar

  • belitung comment
    Rustam Effendie
    15 Nov 2018

    Sudah pernah ke sini, lumayan juga ada kolam renang dan tempat bermain anak. Ada danau keren terlihat dari puncak bukit.


  • belitung comment
    Shinta
    17 May 2018

    Sebenarnya Buding agak jauh dari Kelapa Kampit, tapi memang masih satu wilayah, tidak apa-apalah yang penting artikel ini bisa memberikan petunjuk destinasi batu untuk Belitung Timur bagian Utara. Terima kasih atas artikel nya.