Menelusuri Sajian Menarik di Festival Tanjung Kelayang

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #180
 
 Asep Irwan Gunawan  23/01/2019
Location: Pulau Belitung VIEW 6059 LIKE 141

Usaha Mempromosikan wisata Belitung memang semakin gencar dilakukan oleh Pemerintah Daerah setempat yang bekerjasama dengan Kemeterian Pariwisata yang mewakili pemerintah pusat. Salah satu upaya mempromosikan wisata yang baru-baru ini dilakukan yakni Festival Tanjung Kelayang. Event yang telah dilaksanakan pada tanggal 15 - 19 November 2018 ini memang begitu menarik. Sebab dalam festival tersebut digelar berbagai kegiatan yang seru.

LATAR BELAKANG MUNCULNYA FESTIVAL TANJUNG KELAYANG

foto #0 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

Munculnya event atau Festival Tanjung Kelayang sendiri merupakan bagian dari rencana mengembangkan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Tanjung Kelayang yang merupakan salah satu destinasi wisata utama di Belitung. KEK Tanjung Kelayang yang meliputi kawasan seluas 324,38 hektar, membuat Pantai Tanjung Kelayang menjadi destinasi yang memiliki banyak hal menarik untuk dieksplorasi. Sementara itu tujuan akhir dari dihadirkannya festival ini adalah membuat Pantai Tanjung Kelayang semakin dikenal global sebagai destinasi kelas dunia dengan wisata bahari sebagai daya tariknya.

IKON PARIWISATA BELITUNG

foto #1 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

Pantai Tanjung Kelayang memang telah menjadi ikon pariwisata Belitung. Pantai yang memiliki beberapa batuan granit yang besar dan eksotik ini memang sangat mempesona. Bahkan begitu mempesonanya, pantai ini dijadikan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi yang fenomenal. Didukung dengan keberadaan pulau-pulau di sekitarnya, membuat Pantai Tanjung Kelayang semakin nyata untuk dijadikan destinasi teristimewa bagi setiap pengunjung yang datang.

Salah satu pulau yang menarik untuk dikunjungi saat ke Pantai Tanjung Kelayang yakni Pulau Batu Garuda. Disebut Pulau Batu Garuda karena di sini kita bisa mendapati sebuah batuan granit yang mempunyai bentuk mirip burung garuda. Dari sinilah maka ketika Anda mendatangi pulau ini, wisatawan bisa melakukan kegiatan kegiatan fotografi yang akan mengahasilkan gambar instagramable.

foto #2 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

DAYA TARIK PANTAI TANJUNG KELAYANG

Pantai Tanjung Kelayang sendiri memiliki perairan yang jernih serta pasir putih yang halus dan bersih. Waktu terbaik untuk datang ke Pantai Tanjung Kelayang sendiri adalah saat pagi hari atau jelang petang. Sebab, ketika pagi hari, Anda bisa mendapati sunrise yang indah dan pada sore hari ada sajian sunset yang mempesona untuk disaksikan. Tapi pastinya saat datang ke Pantai Tanjung Kelayang ini Anda akan mendapati kesan yang mendalam hingga semua jenuh dan penat yang dibawa seketika langsung sirna.

foto #3 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

Tidak hanya suguhan alam dan panorama saja yang dihadirkan Pantai Tanjung Kelayang. Tapi di sini Anda juga bisa mendapati fasilitas atau sarana-prasana wisata yang lengkap. Dari lokasi parkir yang luas, tempat bilas, musholla, tempat makan (restoran), WC hingga penginapan berupa hotel bisa Anda dapati semua di Pantai Tanjung Kelayang.

PENTINGNYA PANTAI TANJUNG KELAYANG BAGI PEMERINTAH PUSAT

foto #4 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

Bagi pemerintah pusat, Pantai Tanjung Kelayang sendiri merupakan sesuatu yang penting. Pentingnya Pantai Tanjung Kelayang bagi pemerintah bahkan telah membuat destinasi ini telah ditetapkan sebagai KEK pada 15 Maret 2016 dan juga 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP) yang dikembangkan sebagai "Bali Baru". Penetapan Pantai Tanjung Kelayang sebagai KEK dan 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP) sendiri bertujuan untuk mendukung target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dan pergerakan 270 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada 2019.

FESTIVAL TANJUNG KELAYANG 2018

foto #5

Dari besarnya potensi Pantai Tanjung Kelayang inilah kemudian Bupati H. Sahani Saleh bersama pihak Kementrian meluncurkan Festival Tanjung Kelayang (FTK) 2018. Peluncuran festival ini sendiri dilakukan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata pada 5 November 2018. Dalam agenda Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Festival Tanjung Kelayang ini bukanlah event sembarangan. Sebab festival ini masuk dalam Top 100 Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2018 atau top 100 event pariwisata dan event unggulan tahun 2018.

Dalam Festival Tanjung Kelayang ini kita akan menjumpai banyak kegiatan seru yang dihadirkan. Beberapa kegiatan seru dalam agenda Festival Tanjung Kelayang antara lain :  Festival kuliner khas hasil laut  Festival layang-layang  Bangka Belitung Fashion Carnaval  Festival vlog dan lomba photo  Pameran pariwisata dan pameran photo  Fashion show batik daerah  Festival band  Fun run on the beach  Bersih pantai  Lomba lari 10K  Festival obor  Parade pelangi budaya

Selain itu semua ada juga beberapa kegiatan pendukung Festival Tanjung Kelayang seperti lomba lukis, pagelaran kesenian, workshop dan seminar kebaharian, seminar geopark, pesta kembang api & lampion serta pameran produk UKM.

UPAYA MEMPERKUAT UNSUR 3A

Diselenggarakannya Festival Tanjung Kelayang di tahun 2018 sendiri menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuty merupakan cara atau upaya untuk memperkuat unsur 3A yakni Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas. Dari ketiga unsur tadi, aksesibilitas menjadi hal yang paling menjadi perhatian pihak penyelenggara. Unsur aksesibilitas sendiri merupakan bagian dari bagaimana wisatawan bisa mudah dan lancar untuk tiba di Belitung, terutama di Pantai Tanjung Kelayang. Untuk itulah kemudian pemerintah yang diwakili Kemenpar bekerjasama dengan Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menjadikan status Bandara H.A.S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan sebagai bandara internasional. Dari penetapan status Bandara H.A.S Hanandjoeddin sebagai bandara internasional membuat banyak maskapai ternama, seperti Garuda Indonesia yang hilir mudik di sini. Dari konektivitas yang mumpuni maka tingkat aksesibilitas pun akan turut terdongkrak hingga akan membuat pertumbuhan dan pencapaian Tanjung Kelayang sebagai destinasi dunia semakin menigkat.

DAMPAK POPULARITAS PANTAI TANJUNG KELAYANG BAGI MASYARAKAT SEKITAR

Dari semakin tingginya popularitas Pantai Tanjung Kelayang sebagai destinasi dunia, maka hal ini juga akan bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat di sekitar pantai. Menurut catatan dari Bupati Belitung, Sahani Saleh, kontribusi dari pariwisata Kabupaten Belitung sudah terbilang baik. Ini karena sekarang destinasi Pantai Tanjung Kelayang mampu menyumbang penghasilan sebesar 34,59 persen atau sekitar mencapai sekitar Rp 16,4 miliar. Menurut catatan di tahun 2017, Pantai Tanjung Kelayang memang sudah menunjukkan tren positif. Wisatawan yang datang ke Pantai Tanjung Kelayang pada tahun 2017 adalah sebanyak 379.274 wisatawan yang terdiri dari 9.358 wisatawan mancanegara dan 369.916 merupakan wisatawan nusantara. Untuk wisatawan mancanegara yang datang ke Pantai Tanjung Kelayang di tahun 2017sendiri didominasi oleh beberapa negara seperti Malaysia, Korea, Singapura, China, serta Jepang. Sementara itu wisatawan mancanegara dari Australia, USA, Inggris, India dan Jerman menyusul dengan catatan yang lebih kecil dalam kunjungannya ke Pantai Tanjung Kelayang.

SERING MENJADI TEMPAT DIGELARNYA EVENT

Pantai Tanjung Kelayang sendiri bukan sekali saja menjadi tempat diselenggarakannya sebuah event atau festival seperti Festival Tanjung Kelayang. Tapi pantai yang seluas 324,4 hektar ini juga sering dijadikan tempat perhelatan beberapa event seperti Sail Wakatobi Belitong, Rally Sail Indonesia, dan lainnya. Dari semua hal yang disajikan, maka pantai yang namanya diambil dari salah satu jenis burung yang terdapat di pantai ini akan sangat menarik utuk Anda kunjungi.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar