Ingin Bersantai Sambil Melepas Penat? Inilah Daftar Tempat di Belitung yang Harus Anda Tuju

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #198
 
 Asep Irwan Gunawan  14/07/2019
Location: Belitung VIEW 7377 LIKE 1198

Berlibur merupakan agenda di mana seseorang ingin bersenang-senang dan bergembira. Tak jarang pula beberapa orang menjalankan kegiatan liburan atau berwisata ini untuk tujuan refreshing dari segala kepenatan yang ada. Dari sini tak heran bila kemudian kita mendapati banyak orang bersantai di tempat-tempat wisata ketika berlibur. Di negeri Laskar Pelang Belitung sendiri kita juga akan banyak mendapati para pelancong yang bersantai di objek wisata. Apalagi bila melihat Belitung sebagai tujuan destinasi favorit wisatawan sekarang. Maka dari sini akan ada beberapa objek wisata di Belitung yang memang menarik untuk membuat kegiatan bersantai jadi lebih optimal. Nah berikut ini adalah daftar beberapa objek wisata di Belitung yang harus Anda tuju bila ingin bersantai dengan maksimal sambil melepas penat.

1. Pulau Batu Berlayar

foto #0 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Pertama, tempat di Belitung yang harus Anda tuju untuk bersantai dan melepas penat dengan optimal adalah Pulau Batu Berlayar. Pantai yang berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung ini memang akan membuat Anda puas dengan kegiatan relaksasi yang dilakukan. Mengapa demikian? Sebab pulau yang berada di sebelah Barat Pantai Tanjung Kelayang ini memiliki suasana yang sangat tenang. Ketenangan suasana yang ada di pulau ini sendiri dikarenakan tidak adanya penghuni yang tinggal di sini. Nah dari ketenangan suasana di Pulau Batu Berlayar tersebut, maka Anda pun bisa bersantai dengan maksimal. Di Pulau Batu Berlayar ini Anda tidak akan hanya mendapati suasana yang tenang saja. Tapi di sini Anda juga bisa menjumpai beberapa menarik hal seperti batu granit berbentuk layar perahu yang besar. Dari adanya batu granit berbentuk layar perahu besar itulah memang yang kemudian memunculkan nama Pulau Batu Berlayar. Sajian menarik lain yang bisa kita dapati di Pulau Batu Berlayar yakni perairan laut yang jernih dan juga pasir pantai putih yang bersih. Dari adanya perairan yang bersih tersebut, Anda pun bisa bermain air dengan leluasa. Sementara dari adanya pasir putih yang bersih, Anda bisa bermain pasir putih dengan penuh keceriaan. Jangan lupakan juga sajian sunset yang sangat cantik saat sore hari di pantai ini. Dengan dukungan sunset indah dan syahdu tersebut, Anda pun akan bisa bersantai dengan kesan yang begitu mendalam.

2. Air Terjun Kepala Kawai

foto #1 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Berada di Dusun Aik Nangka, Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, ada sebuah tempat yang akan membuat Anda merasakan rileksasi yang optimal. Tempat tersebut bernama Air Terjun Kepala Kawai atau Jurak Insum Kepala Kawai. Air terjun yang satu ini memang sangat menarik untuk dikujungi. Sebab di sini ada beberapa sajian yang akan membuat segala jenuh dan penat Anda hilang seketika. Sajian pertama dari air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter ini adalah airnya yang begitu bening. Dari jernihnya Air Terjun Kepala Kawai ini maka Anda akan bisa melakukan kegiatan mandi dan berenang dengan maksimal. Sajian menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di sini adalah melakukan rock climbing. Dengan adanya batu berbentuk boulder yang tegak ke atas di kawasan Air Terjun Kepala Kawai, maka aktivitas rock climbing ini dapat dilakukan dengan baik. Jangan lupakan juga kegiatan bersantai yang akan sangat optimal dilakukan di sini. Optimalnya kegiatan bersantai di Air Terjun Kepala Kawai ini dikarenakan adanya suasana yang begitu tenang di kawasan hutan lindung seluas 10 hektar tersebut. Maksimalnya kegiatan bersantai di sini juga didukung oleh adanya udara sejuk dan segar dari area bukit dengan ketinggian 200 mdpl.

3. Bukit Samak Resort A1

foto #2 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Tempat yang satu ini memang sudah dikenal sebagai tempat peristirahatan dan bersantai sejak zaman dulu. Pasalnya, Bukit Samak Resort A1 ini dulu pada zaman penjajahan Belanda dijadikan perumahan para pejabat Belanda. Kemudian pada zaman kemerdekaan, kawasan ini tetap dijadikan tempat peristirahatan untuk para eksekutif perusahaan PT Timah Kota Manggar. Dan setelah PT Timah bangkrut, tempat ini dijadikan objek wisata oleh pemerintah dan masyarakat sekitar. Bukit Samak Resort A1 ini memang sangat mumpuni untuk dijadikan tempat bersantai. Ini karena ada banyak dukungan yang membuat Bukit Samak Resort A1 menjadi sangat mumpuni untuk tempat rileksasi. Beberapa dukungan tersebut antara lain adanya udara sejuk dari ketinggian 130 mdpl dari bukit ini. Selain itu ada juga beberapa pepohonan kecil bernama Samak yang rindang dan asri. Apalagi bila Anda bisa datang ke sini pada pagi hari, maka kegiatan bersantai akan semakin optimal karena adanya nunasa syahdu yang dihadirkan oleh panorama sunrise. Sambil bersantai di Bukit Samak Resort A1 ini Anda bisa menikmati pemandangan indah dari Pantai Nyiur Melambai, Pantai Olie Pier, Pantai Tebing dan lautan. Dari keindahan panorama di atas Bukit Samak Resort A1 kemudian banyak wisatawan, terutama dari kalangan kaum muda yang datang ke sini untuk bersantai atau berfoto-foto. Untuk menikmati kegiatan bersantai yang optimal di Bukit Samak Resort A1 tersebut Anda harus menuju ke Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

4. Batu Baginde

foto #3 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Tempat selanjutnya di Belitung untuk Anda bisa bersantai dengan maksimal sehingga bisa melepas jenuh dan penat yakni Batu Baginde. Objek wisata yang juga disebut Bukit Batu Baginda ini bisa Anda datangi di Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. Batu Baginde ini merupakan batu granit raksasa yang tinggi menjulang layaknya bukit atau gunung. Bagaimana tidak dengan ketinggian sekitar 250 mdpl dan diameter 1,5 meter membuat tempat ini begitu unik dan menarik. Bahkan begitu fenomenalnya Batu Baginde, ada beberapa warga yang menguhubungkan keunikannya dengan mitos dan kepercayaan. Dari sini kemudian banyak warga yang menjadikan Batu Baginde ini sebagai tempat bermunajat dan juga tempat pesugihan. Tapi untuk Anda yang ingin bersantai tentu objek wisata Batu Baginde ini juga sangat mendukung. Sebab dengan adanya udara yang sejuk dan juga sepoi-sepoi, maka Anda akan bisa menikmati kegiatan bersantai dengan maksimal. Belum lagi dengan dukungan pemandangan alam indah dari puncak Batu Baginde, maka pastinya tempat ini menjadi begitu memuaskan untuk kegiatan bersantai. Namun supaya kegiatan bersantai Anda di sini lebih spesial, disarankan Anda datang ke sini pada sore hari. Pada sore hari ini memang akan lebih menarik, sebab selain udaranya yang sudah tidak panas, di atas Batu Baginde ini saat itu Anda juga akan menjumpai panorama sunset yang indah dan syahdu.

5. Tirta Marundang

foto #4 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Terakhir, tempat di Belitung yang harus Anda tuju untuk bersantai sambil melepas penat yakni Tirta Marudang. Tirta Marundang sendiri adalah sebuah pemandian alam yang berada di Desa Air Seru, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Dengan dukungan air jernih dari aliran Sungai Marundang maka Anda akan bisa mendapatkan kepuasan saat melakukan kegiatan mandi, berenang atau sekedar bersantai. Meski berasal dari aliran Sungai Marundang namun kejernihan air di Tirta Marudang ini tak bisa diremehkan. Bukti dari jernihnya air di sini adalah Anda bisa menyaksikan dasar kolam dan ikan-ikan secara langsung dengan mata telanjang. Di Tirta Marundang ini kita juga bisa mendapati pepohonan yang rindang dan tumbuh secara alami. Nah dengan dukungan alam dari suasana yang ada di Tirta Marundang tersebut maka kegiatan bersantai yang Anda lakukan pun akan semakin optimal. Dan dari sini maka segala jenuh dan penat yang Anda bawa akan segera sirna.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar