5 Rekomendasi Rumah Makan di Belitung yang Akan Membuat Anda Puas

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #197
 
 Asep Irwan Gunawan  7/07/2019
Location: Belitung VIEW 12887 LIKE 872

Saat berlibur atau berwisata ke suatu daerah, tentu akan ada makanan atau kuliner khas yang bisa dijumpai. Maka dari itu ketika kita datang berlibur ke suatu daerah dan tidak mencicipi makanan khas tersebut akan terasa ada yang kurang. Belitung sebagai tujuan wisata yang sekarang banyak diincar para pelancong juga memiliki beberapa kuliner khas daerah setempat. Untuk itulah ketika Anda datang ke Belitung tentu akan sangat disayangkan bila Anda melewatkan kuliner-kuliner khas setempat tersebut. Tapi supaya Anda mendapatkan kepuasan saat menikmati kuliner ini Anda tidak boleh lupa untuk mencari tempat makan terbaik. Nah berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat makan terbaik di Belitung untuk Anda yang sedang berlibur ke negeri Laskar Pelangi tersebut.

1. Restoran Kampoeng Dedaun

foto #0 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Pertama, rumah makan terbaik di Belitung yang akan menghadirkan kepuasan untuk Anda adalah Restoran Kampoeng Dedaun. Rumah makan yang berada di Jalan Raya Sijuk, Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung ini memang akan menjadi pilihan tepat. Sebab di sini Anda akan mendapati kepuasan berkuliner. Di sini Anda tidak hanya sekedar berkuliner saja. Dengan desain restoran yang terbuka dan didukung suasana pantai di sekitarnya, maka Anda pun bisa merasakan kesan mendalam. Tidak hanya itu, di restoran ini kita juga bisa menjumpai panggung yang bisanya di gunakan untuk pertunjukkan. Tidak ketinggalan pula ada taman terbuka yang seringkali digunakan untuk pesta barbeque pada malam hari. Dengan semua hal tadi tentu saja tidak hanya kepuasan saja yang bisa Anda dapatkan, tapi juga akan ada kenangan indah yang melekat. Untuk jenis kuliner sendiri yang dapat Anda nikmati di Restoran Kampoeng Dedaun ini cukup bervarian. Selain menu-menu khas laut Belitung, di sini Anda juga bisa memesan menu-menu nasional indonesia lainnya. Anda yang ingin menikmati cara berkuliner yang lebih seru dan spesial di Restoran Kampoeng Dedaun bisa memesan tempat di area taman dengan menggelar pesta barbecue pada malam hari. Dengan iringan musik yang ada maka pesta barbeque yang Anda gelar akan terasa semakin meriah. Dalam pesta barbeque di Restoran Kampoeng Dedaun ini Anda juga bisa melengkapinya dengan tata lampu, api unggun, pelepasan lampion serta atraksi kembang api yang akan membuat kesan berkuliner semakin mendalam.

2. Mie Belitung Atep

foto #1 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Berikutnya, rumah makan yang tak boleh Anda lewatkan saat ke Belitung adalah Mie Belitung Atep. Berada di Jl. Sriwijaya No.27, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, tentu lokasi ini akan sangat mudah dijangkau dari pusat kota Tanjung Pandan. Lokasi tepat dari restoran ini adalah dekat Monumen Batu Satam. Mie Belitung sendiri merupakan salah satu kuliner terpopuler di Belitung. Nah untuk menikmatinya, Rumah Makan Mie Belitung Atep akan jadi pilihan yang tepat. Rumah makan Mie Belitung Atep ini memang sudah punya nama dikalangan wisatawan. Ini karena Rumah makan Mie Belitung Atep seringkali dijadikan tujuan operator tur dan travel dalam itinenary-nya. Sesuai dengan namanya, maka di rumah makan tersebut kita akan mendapati menu utama yakni mie belitung. Dengan rasanya yang gurih karena adanya kuah udang pada menu mie Belitung, pastinya akan membuat Anda puas saat menikmatinya. Mie Belitung Atep sendiri terdiri dari beberapa komposisi seperti mie, tahu, kentang, emping, udang dan timyun. Dan menu mie belitung ini akan semakin spesial bila Anda lengkapi dengan Es Jeruk Kunci. Es yang dibuat dengan Sirup Jeruk Kunci yang merupakan oleh-oleh khas Belitung, tentu akan semakin membuat kegiatan kuliner Anda di Rumah makan Mie Belitung Atep terasa berkesan.

3. RM. Pohon Ketapang

foto #2 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Selain mie belitung, menu kuliner lain yang terkenal di negeri laskar pelangi yakni gangan. Dari populernya menu gangan ini membuat banyak rumah makan yang menghadirkannya. Tapi bila Anda ingin menikmati gangan dengan puas maka Anda harus datang ke RM. Pohon Ketapang yang berada di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, dekat Pantai Tanjung Kelayang. Dengan rasa pedas, manis, asam dan segar, gangan memang selalu menggugah selera. Tentu jangan lupa nikmati gangan ini dengan memesan nasi putih agar rasa lapar Anda segera sirna. Selain gangan, di sini Anda bisa memesan beberapa menu-menu seafood lain yang nikmat dan lezat. Saat menikmati kuliner di RM Pohon Ketapang sendiri Anda juga tidak boleh melupakan menu kangkung belacan yang renyah dengan bumbu yang terasa gurih. Dengan lokasinya yang tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang maka RM. Pohon Ketapang ini akan sangat tepat Anda kunjungi setelah beraktivitas di objek wisata tersebut.

4. RM. Timpo Duluk

foto #3 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Berada di Jl. Lettu Mad Daud No. 22, Kampung Parit, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, kita juga bisa mendapati tempat makan rekomendasi yang akan menghadirkan kepuasan bernama RM Timpo Duluk. Tempat makan yang satu ini tak bisa diremehkan. Pasalnya RM Timpo Duluk merupakan tempat yang banyak dikunjungi para artis. Tidak hanya itu RM Timpo Duluk juga telah menjadi tempat makan teratas dalam situs Trip Advisor. Di rumah makan yang memiliki daya tampung 70 orang ini kita bisa menikmati beberapa menu khas Belitung yang pastinya nikmat dan lezat. Beberapa menu kuliner khas Belitung yang bisa kita pesan tersebut antara lain kangkung belacan, bedulang, berego dan tenggiri bungkus daun simpor. Berego sendiri adalah kuliner yang mirip kue tiaw namun ukurannya lebih besar hingga tiga kali lipat. Dengan kuah kuning santan dan ikan yang disiram ke Berego tersebut membuat cita rasa gurih dan asin akan mampu menggoyang lidah. RM Timpo Duluk yang didirikan oleh Isyak Meirobie ini sendiri buka dari pukul11.00 hingga 22.00 WIB.

5. Kedai Mak Jannah

foto #4 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Terakhir, rekomendasi tempat makan di Belitung yang akan membuat Anda puas yakni Kedai Mak Jannah. Rumah makan yang satu ini terbilang legendaris. Pasalnya, Kedai Mak Jannah berdiri sejak tahun 1970. Rumah makan yang berada di kawasan KV Senang, Jalan Veteran, Tanjung Pandan ini sendiri menghadirkan suto atau soto Belitung sebagai menu andalannya. Dalam menu kuliner lokal khas Belitung tersebut Anda akan mendapati banyak isian seperti suwiran daging sapi, bihun, lontong dan potongan kentang. Nah semua isian tadi nantinya akan disiram kuah santan yang gurih dan kaya rempah. Sebelum disajikan pada pengunjung, suto Belitung nantinya akan ditambah kerupuk emping dan juga ditaburi dengan bawang goreng. Karena ramainya pengunjung Kedai Mak Jannah ini maka disarankan Anda datang pagi hari agar tak kehabisan. Jangan juga datang terlalu siang karena Kedai Mak Jannah ini tutup pukul 14.00 WIB. Meskipun Kedai Mak Jannah ini sudah dijalankan oleh beda generasi, namun kelezatan dan keotentikan rasanya tetap sangat terjaga. Jadi Anda tak perlu ragu soal kualitasnya.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar