Deretan Pantai Berbatu Granit Di Belitung yang Wajib Anda Kunjungi

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #149
 
   9/10/2017
Location: VIEW 6446 LIKE 643


Berlibur ke Belitung, pastinya pantai menjadi destinasi utama yang dipilih oleh wisatawan. Tidak kalah dengan Bali, wisata pantai Belitung memang sangat cantik dan eksotik. Uniknya di Belitung, anda bisa menemukan pantai-pantai berbatu granit. Percayalah, obyek wisata pantai cantik berbatu granit di Pulau Belitung sangat layak untuk mengisi feed instagram anda.



Pantai Tanjung Tinggi




Predikat pantai berbatu granit tercantik di Belitung mungkin cocok disematkan pada Pantai Tanjung Tinggi. Pantai yang digunakan sebagai salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi ini terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Panorama pantai yang berbentuk teluk kecil dan memiliki panjang lebih dari 1 km ini sangat indah.
Kombinasi antara hamparan pasir putih yang bersih, air laut berwarna tosca kebiruan yang super jernih dan hamparan bebatuan granit membuat Pantai Tanjung Tinggi sangat instagram-able. Anda bisa mencapai pantai ini dari Kota Tanjung Pandan dengan menempuh perjalanan sejauh 30 km. Selain menikmati panorama yang eksotis, anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, diving, berjemur, berenang, memancing, jetski, dan juga naik kano ataupun naik perahu karet.




belitung-news



Pantai Bukit Batu




Salah satu pantai berbatu granit yang tidak kalah cantik terletak di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar. Kabupaten Belitung Timur. Jika anda pernah mengunjungi Pantai Burung Mandi, maka anda tidak akan kesulitan untuk menemukan Pantai Bukit Batu. Hal ini karena, kedua pantai cantik ini terletak berdampingan. Kedua pantai ini terhubung oleh jalan setapak di tengah hutan yang cukup mudah untuk diakses.




Pantai Bukit Batu ini bisa dibilang unik karena terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama merupakan pantai berpasir putih dan bagian kedua adalah pantai berbatu granit dengan bongkahan batu yang cukup besar. Fasilitas di pantai ini bisa dibilang cukup lengkap, dan kabar baiknya anda bisa menemukan penyu yang sedang bertelur jika beruntung.
Lengkap sudah liburan anda di Pantai Bukit Batu dengan pasir putih, batu granit dan juga penyu bertelur . Tunggu apalagi, kemasi koper anda dan cobalah jejakkan kaki di pantai yang satu ini.




belitung news



Pantai Punai




Pantai berbatu granit kelima yang wajib anda kunjungi saat berlibur ke Belitung adalah Pantai Punai. Lokasi pantai yang terletak di Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Simpang Pasak, Kabupaten Belitung Timur ini bisa dibilang cukup jauh. Ini karena anda harus menempuh jarak sekitar 99 km dari pusat kota Tanjung Pandan untuk bisa sampai di pantai cantik ini. Dari namanya, terlihat bahwa nama pantai ini memang terinspirasi dari burung punai yang banyak tinggal di kawasan ini.
Kombinasi hamparan pasir putih dan bebatuan granit berbagai ukuran membuat panorama Pantai Punai begitu mempesona. Pantai Punai termasuk dalam kategori pantai berkontur landai dan memiliki ombak yang tenang. Saat kondisi air sedang surut, maka anda bisa mengunjungi Pulau Punai yaitu pulau kecil tempat tinggal kawanan burung punai yang terletak tidak jauh dari pantai ini.




belitung news



Pantai Tanjung Kelayang




Jika anda termasuk pecinta film Laskar Pelangi, maka anda wajib mengunjungi pantai berbatu granit lain di Belitung yaitu Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini terletak di sebelah utara Pulau Belitung dan berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Tanjung Pandan. Panorama di Pantai Tanjung Kelayang ini sangat unik dan eksotis karena terdapat gugusan batu granit dalam berbagai ukuran dan bentuk.
Bahkan di tengah lautan, anda bisa melihat dua buah batu yang bentuknya mirip dengan kura-kura raksasa dan burung besar. Selain pesona batu granitnya, Pantai Tanjung Kelayang juga dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset.




belitung news



Pantai Penyabong




Pantai berbatu granit yang eksotis dan cantik lain di Belitung adalah Pantai Penyabong. Selain Pantai Penyabong, orang-orang juga sering menyebut pantai ini dengan nama Pantai Batu Lubang karena lokasinya terletak di Dusun Batu Lubang, Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. Untuk bisa sampai ke pantai ini, anda harus menempuh perjalanan sejauh 56 km dari kota Tanjung Pandan.
Uniknya, dari kejauhan anda seperti melihat dermaga di pantai ini. Padahal, dermaga ini sebenarnya adalah bebatuan granit besar yang memanjang dan menyambung satu sama lain. Bebatuan ini menjorok ke arah laut sehingga terlihat seperti dermaga alami. Selain itu, perairan yang jernih dan ombak tenang membuat tempat ini cocok untuk aktivitas berenang.




belitung news



Pantai Batu Bedil




Pantai berbatu granit selanjutnya di Belitung yang wajib anda kunjungi adalah Pantai Batu Bedil yang terletak di desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk, Belitung. Pantai ini berhadapan langsung dengan Pulau Limau Seri yaitu dua pulau yang dihubungkan dengan jembatan pasir. Akses menuju pantai ini cukup sulit dan semoga saja pemerintah akan segera melakukan tindakan agar Pantai Batu Bedil semakin ramai dikunjungi.
Batu bedil merupakan nama yang unik, bukan? Pantai ini disebut dengan Pantai Batu Bedil, bukan tanpa alasan. Ada dua alasan yang melatarbelakangi nama unik ini. Pertama, ada 3 gugusan batu granit sejajar yang masing-masing dipisahkan oleh laut sehingga menyerupai formasi meriam.




Kemudian alasan kedua, saat kondisi air pasang anda bisa mendengar suara yang menyerupai tembakan. Suara ini berasal dari dua lubang yang ada di batu granit. Selain itu kabarnya ada beberapa batu yang akan bersuara saat dipukul.
Terlepas dari keunikan nama ini, perairan yang jernih membuat Pantai Batu Bedil memiliki spot snorkeling dan anda harus mencoba snorkeling di perairan Pantai Batu Bedil ya. Sebagai informasi tambahan, warga sekitar membuat jembatan temporer yang dipasang menuju ke 3 gugusan batu besar yang ada di pantai ini. Jadi, jika anda kesana dan jembatan ini masih ada maka pastikan juga untuk mencoba mengambil foto dari atas gugusan batu granit besar ini.




belitung news



Pantai Mega Mendung




Pantai berbatu granit yang satu ini terletak di Desa Tanjung Kiras, Membalong, Belitung Selatan. Sebagai informasi, Pantai Mega Mendung letaknya ada di antara Pantai Batu Lubang dan Teluk Gembira. Jadi sebelum ke pantai ini, anda bisa juga mengunjungi dua tempat wisata tadi untuk mengeksplor keindahan Belitung. Dalam perjalanan menuju Pantai Mega Mendung, anda akan melewati Batu Beginde yang merupakan batu granit besar di puncak bukit. Jarak antara Batu Beginde dan Pantai Mega Mendung ini sekitar 3 km.
Kemudian, untuk bisa mencapai Pantai Mega Mendung, anda harus melewati hutan. Uniknya saat akan mencapai bibir pantai, anda harus menuruni anak tangga dengan ketinggian sekitar 1.5 meter. Ini bisa terjadi karena Pantai Mega Mendung terletak di tepi daratan tinggi. Sesampainya di pantai, rasa lelah anda akan sirna karena pesona keindahan yang tak terelakkan. Hamparan pasir putih, eksotisnya bebatuan granit dengan berbagai ukuran serta jernihnya air membuat pantai ini sangat wajib untuk dikunjungi.




belitung news




Ayo, luangkan waktu anda dan jelajahi keeksotisan pantai berbatu granit di Belitung bersama orang-orang terkasih.


Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar