Inilah Berego, Makanan Khas Belitung Mirip Lontong yang Sedap untuk Dinikmati

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #202
 
 Asep Irwan Gunawan  14/09/2019
Location: Belitung VIEW 59010 LIKE 704

Sebagai destinasi yang semakin hari semakin diminati para wisatawan, Belitung memang memiliki sejumlah hal menarik. Tidak hanya mempunyai sajian objek wisata alam seperti pantai yang elok, tapi Negeri Laskar Pelangi ini juga memiliki beberapa hal menarik lain untuk ditelusuri. Salah satu hal menarik yang bisa kita dapati di Belitung adalah sajian makanan khasnya. Kuliner khas Belitung memang terasa lezat dan nkmat untuk dinikmati. Dengan penggunaan rempah-rempah yang terbilang banyak, membuat kudapan Negeri Laskar Pelangi ini begitu menggugah selera. Dan dari beberapa makanan khas Belitung yang ada , Berego menjadi salah satu jenis kudapan yang tak boleh Anda lewatkan saat datang atau berlibur ke Belitung. Lalu seperti apakah makanan atau kudapan bernama Berego ini? Berikut pembahasannya.

Kudapan Mirip Lontong

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Kudapan yang satu ini memang sekilas bila dilihat mirip seperti lontong. Ini karena lontong dan berego ini punya bentuk yang sama yakni lonjong. Saat dipotong pun, lontong dan berego ini sama-sama memiliki bentuk bulat. Tapi ketika dinikmati maka Berego ini bukanlah lontong seperti yang kita bayangkan. Mengapa? Sebab bahan pembuat Berego ini memang berbeda dengan lontong. Jadi bila lontong dibuat dari dari beras aron yang dibungkus daun pisang maka berego ini dibuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu. Dari bahan-bahan yang digunakan untuk membuat berego tersebut, maka saat dinikmati berego ini akan terasa kekenyalannya dibanding lontong. Tidak hanya sensasi kenyal saja yang membedakan lontong dan berego, tapi dari rasanya, kedua kudapan ini juga punya perbedaan. Jadi bila lontong rasanya tawar, maka berego ini memiliki rasa manis dan gurih sehingga lebih nikmat saat disantap.

Pembuatan Berego

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Untuk membuat berego ini maka tepung beras dan tepung sagu yang merupakan bahan utamanya harus dicampur. Kemudian campurkan garam dan beri air secukupnya hingga kalis. Setelah itu adonan berego ini siap dikukus. Untuk membuat berego yang berlapis-lapis ini maka adonan tadi harus sedikit demi sedikit dituang dan dikukus hingga kemudian matang dan siap disajikan. Sebelum disajikan, lembaran-lembaran campuran tepung yang sudah matang tadi harus digulung terlebih dahulu hingga membentuk lonjong dan panjang. Setelah digulung, berego harus dipotong dengan bentuk bulat seperti potongan lontong.

Penyajian Berego

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Dengan potongan berego yang bulat-bulat berwarna putih, menandakan bahwa kudapan khas Belitung ini siap disajikan dan dinikmati. Untuk menikmati berego dengan tepat maka Anda harus menyiapkan kuah kari ikan. Kuah ikan ini nantinya harus Anda siram ke berego yang sudah dipotong-potong tadi. Dengan cita rasa manis dan gurih dari berego ditambah kuah kari yang juga gurih, maka kudapan ini akan membuat Anda ingin terus menikmatinya. Selain menikmatinya dengan kuah kari ikan, berego ini juga terasa lebih lezat bila disantap bersama dengan lakse, gangan atau juga mie belitung. Karena banyak mengandung karbohidrat maka berego ini akan membuat Anda cepat kenyang. Anda pun bisa menikmati berego ini saat nongkrong dan bersantai sendiri atau ketika bersama keluarga dan teman.

Tempat Dijumpai Berego

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Untuk Anda yang datang atau berlibur ke Belitung dan ingin mencicipi berego maka Anda tak perlu khawatir karena kudapan yang satu ini mudah didapati. Sebagai menu kuliner khas Belitung, berego memang terbilang populer seperti layaknya gangan. Dari sini maka kita bisa menjumpai menu berego ini di kedai-kedai makan di pinggir jalan. Salah satu tempat atau kedai makan yang menghadirkan menu berego adalah Restoran Kampong Dedaun yang berada di Jalan Raya Sijuk, Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Selain dikedai-kedai makan, berego ini juga bisa kita jumpai pada acara-acara besar di Belitung.

Fakta Berego

foto #4

Agar pengetahuan Anda semakin mendalam, maka berikut ini akan disajikan beberapa fakta mengenai kudapan berego.

1. Berego tidak terbuat dari beras

Fakta pertama Berego adalah kudapan ini tidak terbuat dari beras. Jika melihat sekilas maka kita memang mengira bahwa berego terbuat dari beras karena bentuknya yang mirip lontong. Tapi ternyata berego ini terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu. Adonan berego sendiri tidak dibungkus dengan daun pisang, tetapi disimpan di atas anyaman atau wadah plastik untuk kemudian dikukus. Untuk membuat bentuk lonjong seperti lontong maka adonan yang telah matang harus digulung untuk kemudian dipotong bulat-bulat.

2. Biasa dihidangkan pada momen spesial

Berego memang merupakan menu atau kudapan favorit masyarakat Belitung sejak dulu. Bahkan keistimewaan dari berego ini membuat banyak wisatawan asal daerah lain bahkan wisatawan mancanegara juga menyukainya. Pada momen-momen tertentu, berego bahkan dijadikan menu atau hidangan untuk menyambut tamu-tamu besar dalam acara resmi pemerintahan.

3. Makanan khas Belitung lain yang cocok jadi pendamping berego

Berikutnya, fakta dari berego adalah adanya menu pendamping yang memang sangat tepat untuk dinikmati bersama berego. Beberapa menu pendamping berego yang tepat adalah kari ikan, ganggan, lakse dan mie belitung. Beberapa orang bahkan ada yang menyantap berego ini bersamaan dengan kuah kacang dan kuah sayur bersantan. Dengan menikmati berego dengan menu-menu pendamping tersebut, dijamin Anda akan semakin bersemangat dan berselera untuk menyantapnya.

4. Eksistensi berego dalam kuliner Belitung

Terakhir, fakta umum berego yang perlu kita ketahui adalah adanya eksistensi berego dalam kuliner Belitung. Meski merupakan kudapan tradisional, namun dalam daftar kuliner Belitung, berego sangat eksis dan populer. Bahkan begitu populernya berego ini membuat Anda yang datang ke Belitung dan tidak mencobanya, maka Anda seperti tidak ke Belitung. Begitu eksisnya berego ini bahkan membuat banyak rumah makan atau restoran besar tidak mau melewatkan kudapan berego dalam daftar menu untuk para pengunjungnya.

Resep Berego

Resep berego berikut ini bisa Anda praktikkan di rumah untuk membuat berego khas Belitung. Pertama, Anda siapkan dulu bahan-bahannya yaitu :  500 gram tepung beras kualitas baik  250 gram tepung sagu kualitas balk  1 sdt garam  1750 ml air

Setelah itu lanjutkan dengan proses memasaknya yang berurutan sebagai berikut :

 Campurkan tepung beras, tepung sagu serta garam menjadi satu.  Lalu tuangkan air sedikit demi sedikit sembari diaduk sampai jadi adonan yang kalis dan tidak berbutir.  Kukus dalam loyang dengan ukuran 20 x 20 cm yang telah diolesi dengan sedikit minyak.  Setelah itu tuangkan 1 sendok sayur adonan, ratakan dan kukus hingga matang.  Tuangkan lagi adonan di atasnya, lakukan seperti ini terus-menerus hingga adonan habis.  Setelah adonan matang, angkat dan keluarkan dari loyang.  Terakhir, gulung adonan dan potong-potong selebar 1 1/2 cm.  Berego pun siap disajikan dan disantap bersama kuah kari ikan atau gangan atau mie belitung.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar