Lebaran di Belitung? Inilah 5 Destinasi yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #194
 
 Asep Irwan Gunawan  30/05/2019
Location: Belitung VIEW 7182 LIKE 882

Dalam momen lebaran yang sebentar lagi datang, maka mudik dan berlibur akan menjadi dua kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Dan salah satu tujuan mudik serta liburan lebaran tersebut adalah Belitung. Dengan pesona yang dimiliki negeri Laskar Pelangi ini memang sangat menarik bila lebaran tahun ini Anda agendakan ke Belitung. Baik itu dalam rangka mudik ke kampung halaman atau berlibur, pastinya Anda tak boleh melewatkan beberapa destinasi wisata menarik yang ada di sana. Nah berikut ini adalah beberapa destinasi wisata menarik di Belitung yang tak boleh Anda lewatkan saat berlebaran di Belitung.

1. Pantai Tanjung Tinggi

foto #0 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Destinasi pertama yang tak boleh Anda lewatkan saat berlebaran di Belitung adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai yang satu ini memang telah menjadi ikon Belitung. Jadi siapa pun yang datang ke sini tanpa ke Pantai Tanjung Tinggi maka Anda seperti belum mengunjungi Belitung. Jadi Pantai Tanjung Tinggi merupakan destinasi wajib yang perlu dikunjungi saat berlebaran di Belitung. Berada di Pantai Tanjung Tinggi ini kita memang akan mendapati sebuah hal yang mengesankan. Ini karena di sini kita bisa menjumpai pemandangan yang menawan. Bahkan begitu mempesonanya Pantai Tanjung Tinggi membuatnya dipilih sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi yang fenomenal. Dan dari sinilah kemudian muncul penamaan Pantai Laskar Pelangi untuk destinasi yang berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung tersebut. Beberapa hal menarik yang bisa kita jumpai di Pantai Tanjung Tinggi ini antara lain bebatuan granit berbagai ukuran yang tersebar di area seluas 80 hektar. Selain itu di Pantai Tanjung Tinggi ini kita juga bisa mendapati perairan yang jernih serta pasir pantai putih yang bersih dan halus. Pemandangan lebih mempesona akan Anda dapatkan pada sore jelang petang. Ini karena pada saat itu ada sebuah panorama sunset yang indah dan menawan untuk kita saksikan. Dengan semua sajian yang ada di Pantai Tanjung Tinggi maka memang akan disayangkan bila Anda melewatkannya saat berlebaran di Belitung.

2. Pantai Tanjung Kelayang

foto #1 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Tidak jauh dari Pantai Tanjung Tinggi ada satu lagi destinasi wisata bernama Pantai Tanjung Kelayang yang menarik untuk didatangi. Pantai yang juga dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi ini memang tak kalah mempesonanya dengan Pantai Tanjung Tinggi. Apalagi melihat Pantai Tanjung Kelayang yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh Kementerian Pariwisata, maka membuat Pantai Tanjung Kelayang terus bertumbuh kawasan serta fasilitasnya. Pemandangan yang bisa kita jumpai di Pantai Tanjung Kelayang antara lain perairan yang jernih, pasir putih yang eksotik, bebatuan granit degan berbagai ukuran, panorama Pulau Batu Garuda serta perahu nelayan yang hilir mudik. Di Pantai Tanjung Kelayang sendiri kita tidak hanya bisa mendapati sajian panorama alam yang indah. Sebab, di sini kita bisa mendapatkan beberapa event menarik disetiap waktunya. Beberapa event menarik yang pernah diselenggarakan di pantai dengan luas 324,4 hektar ini adalah Sail Wakatobi Belitong, Rally Sail Indonesia, lomba menyelam, turnamen bola voli pantai se-ASEAN, kegiatan festival maritim serta festival dan lomba layang-layang.

3. Danau Kaolin Belitung

foto #2 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Fenomena danau berwarna hijau Toska yang ada di Desa Air Raya, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung, ini pastinya akan menyita banyak perhatian. Dengan warnanya yang mencolok dan kontras antara perairan dan daratannya yang berwarna putih terang tersebut, memang akan menciptakan pemandangan yang menawan. Apalagi bagi Anda para penggemar foto instgramable, maka destinasi bernama Danau Kaolin Belitung ini akan menjadi sesuatu yang menarik. Jadi saat berlebaran ke Belitung, akan sangat disayangkan bila Anda melewatkan danau cantik yang satu ini. Danau yang merupakan bekas penambangan timah ini sendiri juga terbilang tidak akan banyak mengganggu aktivitas Anda seperti layaknya Kawah Putih Ciwidey di Bandung. Sebab, di sini kita tidak akan mendapati bau belerang yang menyengat. Hal menarik lain dari Danau Kaolin Belitung adalah adanya pulau kecil berwarna putih yang ada di tengah danau. Meski Anda tidak disarankan berenang di sini, tapi menikmati dan mendokumentasikan pemandangan eksotik dari danau ini sudah akan menjadi sesuatu yang mengesankan untuk libur lebaran Anda.

4. Bukit Berahu

foto #3 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Bagi Anda pecinta wisata ketinggian maka destinasi wisata Bukit Berahu yang berlokasi di Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, tentu akan menjadi pilihan terbaik untuk lebaran Anda di Belitung. Ini karena Bukit Berahu sendiri bukan hanya sekedar menghadirkan panorama ketinggian dari bukit saja. Sebab, Bukit Berahu ini memiliki banyak sajian seperti pantai, kolam renang, hotel, taman yang indah dan lainnya. Adanya kolam renang dan hotel di sini memang membuktikan bahwa Bukit Berahu ini dikelola dengan serius dan baik. Dari atas bukit tempat kita datang, kita akan diarahkan untuk terus menuruni tangga menuju area kolam renang dengan tamannya yang indah. Setelah dari area kolam renang dan taman, kita kembali harus menuruni anak tangga untuk sampai di Pantai Bukit Berahu. Di pantai ini, selain panorama perairan yang jenih dan pasir putih yang bersih, kita juga bisa mendapati sajian pemandangan deretan rumah panggung, kapal-kapal nelayan Kampung Bugis serta pulau karang kecil di depan pantai. Menariknya semua hal dihadirkan Bukit Berahu tersebut, kita hanya perlu membayar Rp 2.000/orang saja sebagai tiket masuknya.

5. SD Laskar Pelangi

foto #4 https://belitungisland.com
https://belitungisland.com

Terakhir, destinasi menarik yang tak boleh Anda lewatkan saat berlebaran di Belitung yakni SD Laskar Pelangi. Julukan Belitung sebagai negeri Laskar Pelangi memang tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan destinasi bertema film yang disutradarai oleh Riri Riza. Nah salah satu destinasi bertema film Laskar Pelangi yang menarik untuk Anda kunjungi saat berlebaran di Belitung yakni SD Laskar Pelangi. Dalam film Laskar Pelangi, spot sebuah sekolah bernama asli SD Muhammadiyah Gantong ini memang sangat mencolok. Sebab di sinilah muncul 10 orang anak yang menamakan dirinya sebagai Laskar Pelangi. Meski hanya sebatas replika, namun SD Laskar Pelangi yang berada di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur ini dibuat seperti aslinya yang sangat sederhana. Dengan kisahnya yang sangat menyentuh hati, maka ketika kita berada di SD Laskar Pelangi ini tentu akan membuat kesan yang mendalam. Sebab, seperti kita ketahui bahwa SD Laskar Pelangi atau SD Muhammadiyah Gantong ini merupakan sekolah yang sangat sederhana dengan bangunan tanpa lantai serta dinding yang hampir roboh. Namun meski dengan banyak keterbatasan, anggota Laskar Pelangi tetap bersemangat menuntut ilmu dan impiannya. Dari semua yang dihadirkan SD Laskar Pelangi ini maka tentunya Anda akan lebih tersentuh saat berada di sana. Apalagi bila Anda memang sudah mengetahui kisahnya dari Novel atau Filmnya, maka destinasi SD Laskar Pelangi ini pasti akan memberikan kesan mendalam untuk libur lebaran Anda di Belitung.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar