Makin Kekinian Dengan Berkunjung Ke Kampoeng Ahok

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #145
 
   13/09/2017
Location: VIEW 5704 LIKE 815


Selain film Laskar Pelangi dan keindahan pantainya, Belitung juga terkenal sebagai kampung halaman Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau kita lebih mengenalnya sebagai Pak Ahok. Kabar baiknya, Anda yang mengidolakan Pak Ahok bisa berkunjung ke Kampoeng Ahok di Belitung lho.



Di Mana Sih Kampoeng Ahok Itu?




Destinasi wisata baru di Belitung ini terletak di Jalan KA Bujang, Lenggang, Gantung, Kecamatan Lenggang, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung 33516. Dari Kota Tanjung Pandan, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit untuk bisa sampai ke tempat ini. Anda yang ingin berkunjung ke Kampoeng Ahok sebaiknya memulai perjalanan di pagi hari karena jam buka tempat ini dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Untuk hari buka nya Anda tidak perlu khawatir karena Kampoeng Ahok di buka setiap hari untuk setiap pengunjung yang datang.



Keseruan di Kampoeng Ahok




Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa Kampoeng Ahok adalah sebuah kampung atau desa yang sebenarnya. Tapi faktanya Kampoeng Ahok adalah tempat tinggal Ahok yang ada di Belitung. Kompleks wisata ini dibangun oleh adik Pak Ahok yaitu Pak Basuri untuk menjawab permintaan masyarakat luas yang seringkali bertanya di mana tempat tinggal Pak Ahok di Belitung.




Di bagian depan Kampoeng Ahok, Anda akan melihat rumah panggung Belitung berwarna coklat kayu. Jika masuk ke dalam rumah panggung ini, Anda akan melihat beberapa perabotan selayaknya yang ada di setiap rumah. Mulai dari meja, kursi, lemari dan lain sebagainya. Anda juga akan melihat berbagai bingkai foto Pak Ahok dan keluarga di dalam rumah panggung ini. Sebagai pelengkap, Anda akan melihat meja panjang yang berisi berbagai camilan khas Belitung lho.




Selain bisa bersantai dan berkeliling rumah panggung ini, Anda juga bisa menikmati keasrian di sekitar rumah ini. Lalu di bagian belakang rumah, Anda juga bisa melihat hewan peliharaan berupa keledai lho. Woah unik banget kan keledai sebagai peliharaan..




Jika beruntung, Anda juga bisa masuk ke rumah tinggal yang ditempati oleh adik dan ibunda Pak Ahok lho. Rumah tinggal ini terletak di samping rumah panggung, tapi pengunjung hanya bisa masuk ke rumah tinggal saat Pak Basuri dan Ibundanya sedang ada di rumah lho ya. Selain bisa masuk ke rumah tinggal, tentu Anda juga bisa berfoto bersama mereka. Seru dan kesempatan yang langka bukan?



Jangan Lupa Mampir Ke Batik de Simpor




Saat berkunjung ke Kampoeng Ahok, jangan lupa untuk mampir ke galeri batik asli Belitung Timur ya. Galeri batik ini bernama Bati de Simpor. FYI, para pembuat batik di galeri yang terletak di Jalan KA. Bujang No. 22 Gantung ini dibina oleh istri Bupati Belitung Timur sendiri lho. Kemudian untuk penggeraknya sendiri dilakukan oleh ibu-ibu PKK Belitung Timut.




Dari namanya, galeri ini sudah terlihat unik dan seperti mengandung bahasa asing kan? Tapi faktanya, kata Simpor pada Batik de Simpor berasal dari nama pohon yang hanya tumbuh di Belitung saja. Daun simpor juga menjadi salah satu motif kain batik andalan dari Belitung Timur. Selain motif simpor, ada motif lain seperti hewan tarsius, kopi manggar dan juga buah krementing lho. Anda juga harus stahu bahwa batik simpor khas Belitung Timur ini menggunakan pewarna alami dari tanaman mangrove. Ramah lingkungan banget kan? Inilah yang membuat kain batik dari Belitung Timur sangat berbeda dengan batik dari daerah lain.




Jadi pastikan untuk membeli kain batik Belitung Timur saat berkunjung ke Kampoeng Ahok ya. Jangan lupa juga untuk berburu aneka souvenir keren yang dijual di Batik de Simpor. Semoga liburan Anda di Belitung semakin berkesan..


Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar