Menelisik Mistisnya Antu Bubu di Belitung

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #210
 
 Asep Irwan Gunawan  14/12/2019
Location: Belitung VIEW 68565 LIKE 212

Belitung tidak hanya punya sajian pantai-pantai yang indah. Tapi di sana Anda akan menemukan beragam budaya dan tradisi yang tak kalah menariknya untuk ditelusuri. Salah satu budaya berwujud permainan yang begitu menarik untuk disaksikan di Belitung adalah Antu Bubu. Antu Bubu sendiri begitu menarik perhatian karena penuh dengan misteri. Kesan misteri yang didapatkan dari permainan ini sendiri bisa terlihat sebelum dan saat permainan dimulai.

ASAL USUL KATA DAN SEJARAH ANTU BUBU

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Mengenai asal usul kata Antu Bubu ini bisa ditelusuri dari unsur dua kata yakni Antu yang berarti hantu dan Bubu yang artinya tempat menangkap ikan. Bubu yang dibuat dari jalinan rotan ini memang sering digunakan untuk menanagkap ikan. Untuk menangkap ikan, bubu akan ditempatkan ditempat yang banyak ikannya. Setelah itu tinggal menunggu waktu ikan masuk bubu dan terperangkap.

Sementara itu dari sejarahnya, Antu Bubu ini diriwayatkan dimulai dari kisah seseorang bernama Yunus yang gemar menangkap ikan dengan bubu. Hingga pada suatu ketika, Yunus menaruh bubu di suatu tempat tapi tak ada satu pun ikan yang masuk dan terperangkap ke dalam bubunya selama berhari-hari. Karena merasa aneh tidak ada ikan yang masuk ke bubunya, Yunus pun mengeluarkan kesaktiannya untuk mengetahui penyebabnya. Dari sana Yunus mendapati bahwa ternyata penyebabnya adalah Sumadim yang mencuri ikannya. Sumadim yang sudah ketahuan kemudian dibunuh oleh Yunus. Sumadim sendiri tewas di dekat Yunus meletakkan bubu.

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Karena peristiwa ini kemudian banyak orang-orang pandai atau dukun yang mengabadikan kejadian Yunus dan Sumadim menjadi sebuah permainan Atu Bubu. Orang-orang pandai tadi memang beranggapan arwah Sumadim bergentayangan dan bisa diminta masuk ke dalam bubu. Nah orang-orang yang kemudian melawan bubu ini tak jarang juga bisa kerasukan.

BUBU YANG PENUH MISTERI

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Meskipun banyak yang mengatakan bahwa permainan ini adalah manifestasi dari kebiasaan masyarakat setempat saat berburu ikan dengan bubu, namun tetap saja nuansa mistis sangat kental terasa. Kentalnya nuansa mistis dari permainan Antu Bubu ini memang bisa didapati dari bubu itu sendiri. Apalagi melihat bubu yang ditutup dengan kain kafan, maka kita semakin dibuat penasaran dengan apa yang ada didalam bubu. Begitu mistisnya Antu Bubu sendiri membuat permainan ini kemudian dikhususkan hanya untuk kalangan dewasa, itu pun ditujukan pada orang dewasa yang berpengalaman saja.

PERSIAPAN SEBELUM PERMAINAN

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Sebelum melakukan permainan Antu Bubu ini dibutuhkan beberapa hal seperti bubu, batuk kelapa, kain kafan, seorang pawang dan penantang. Yang menjadi pawang atau dukun dalam permainan Antu Bubu ini bukanlah orang sembarangan. Sebab pawang dalam Antu Bubu harus memiliki kemampuan spiritual yang tinggi dan mampu berkomunikasi dengan ruh. Tidak hanya itu, sebelum seorang pawang memimpin permainan Antu Bubu ini biasanya mereka harus puasa mutih selama 21 hari.

Untuk melakukan permainan Antu Bubu ini sendiri biasanya digelar ditempat berpasir seperti pantai. Sementara itu untuk peserta atau penantangnya siapapun boleh ikut. Tapi karena permainan ini dinilai cukup berbahaya maka nantinya pawang yang akan menentukan siapa saja yang boleh ikut bertanding. Biasanya penantang yang dipilih pawang adalah mereka yang memiliki fisik dan mental yang kuat.

foto #4

Sedangkan perlengkapan seperti batok kelapa yang dibutuhkan dalam permainan Antu Bubu ini sebelumnya harus sudah dikupas untuk kemudian ditempelkan di atas bubu. Selanjutnya batok kelapa akan diukir dan dipoles sedemikian rupa hingga nantinya mirip seperti wajah manusia. Berikutnya, bubu yang sudah ditempelkan batok kelapa akan dibalut dengan kain kafan sehingga nampak seperti manusia yang memakai mukena. Untuk bubu yang terbuat dari bambu maka harus digunakan bambu yang terdampar di pantai dengan posisi tidak sejajar dengan garis pantai. Terakhir, kain kafan yang digunakan dalam Antu Bubu ada yang menyatakan haruslah berasal dari bekas alas jenazah.

Setelah semua perlengkapan sudah lengkap dipersiapkan, selanjutnya pawang akan membaca mantra sambil menaburkan kemenyang di pedupaan. Dari sini akan muncul asap dari pedupaan yang nantinya akan dibawa ke bubu untuk meminta roh masuk ke dalam bubu. Sebelum permainan benar-benar dimulai, nantinya akan dibacakan doa yang dipimpin oleh seorang pawang atau dukun kampung. Pembacaaan doa ini dilakukan untuk menghindari hal-hal buruk yang dapat terjadi.

PERMAINAN DIMULAI

Saat semuanya sudah siap, maka dukun atau pawang akan memberi isyarat permainan dimulai. Lawan yang sudah siap diperbolehkan untuk langsung menyerang bubu dengan memeluk atau mengendalikan bubu. Untuk melawan bubu ini, lawan juga diperbolehkan untuk merusak bubu. Tapi karena bubu yang ada sudah terisi roh, maka untuk melawan bubu ini tidaklah mudah dilakukan. Bahkan tidak sedikit lawan yang berpengalaman pun jatuh dan terguling-guling saat melawan bubu.

Pemenang dalam permainan ini sendiri adalah mereka yang berhasil merusak dan mengendalikan bubu. Ada juga yang menyatakan bahwa pemenang dalam permainan Antu Bubu ini adalah mereka atau penantang yang mampu mendirikan dan lepas, kemudian mundur tiga langka dari bubu. Keberhasilan lawan merusak bubu sendiri dianggap sebagai pertanda bahwa hantu dalam bubu berhasil ditaklukkan. Tapi dalam kenyataannya tidak jarang ditemui permainan dimana lawan yang gagal merusak bubu. Bila memang didapati lawan yang terlalu lama merusak bubu, biasanya maka pawang akan menghentikan permainan untuk kemudian mengeluarkan roh dari bubu. Dari sini maka penantang atau lawan pun dianggap kalah dan bubu lah yang menjadi pemenangnya.

Dalam permainan Antu Bubu ini pawang memang menjadi sosok yang paling berperan menetukan jalannya permainan. Bila pawang merasa permainan sudah tidak aman dan membahayakan orang, maka pawang akan menghentikan permainan. Pawang yang memiliki kemampuan spritual yang tinggi inilah yang juga akan menyembuhkan atau menetralisir penantang yang mengalami kerasukan dalam permainan. Dalam permainan Antu Bubu ini memang tidak sedikit para penatang yang mengalami kerasukan. Saat mulai kerasukan, penantang biasanya akan merasa berat, tidak terkendali seperti ditimpa hantu dan akhirnya tidak sadarkan diri.

DAYA TARIK ANTU BUBU

Antu Bubu ini memang selalu menarik perhatian banyak pihak. Bahkan begitu menariknya Antu Bubu membuat permainan ini kemudian ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTB) Indonesia 2017 di Hotel Milenium, Jakarta. Salah satu kearifan lokal Belitung Timur ini memang selalau menarik banyak pihak ketika akan digelar. Tentu salah satu hal yang membuat Antu Bubu begitu menarik adalah kesan mistisnya. Sekarang, permainan Antu Bubu juga masih seringkali digelar terutama ketika ada even atau kegiatan kesenian yang digelar oleh Pemprov Belitung. Digelarnya event yang terdapat permainan Antu Bubu di dalamnya biasanya bertujuan untuk mempromosikan wisata Belitung Timur. Saat event digelar, tidak hanya masyarakat lokal dan wisatawan dalam negeri yang tertarik melihat Antu Bubu, tapi ketika itu tak jarang wisatawan mancanegara yang tertarik menyaksikannya.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar