Meski Sepi dan Tak Berpenghuni, 4 Pulau di Belitung Ini Tetap Menarik untuk Dikunjungi

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #174
 
 Asep Irwan Gunawan  12/09/2018
Location: Belitung VIEW 6310 LIKE 293

Anda yang menyukai keheningan ketika berlibur, tentu harus selektif memilih destinasi atau obyek wisata. Pasalnya kegiatan berlibur yang datang ke tempat wisata, umumnya akan banyak dipenuhi wisatawan. Ketika banyak orang yang datang ke tempat tersebut, tentu hal ini akan mengganggu liburan Anda yang membutuhkan ketenangan. Untuk itu supaya harapan Anda untuk mendapat ketenangan saat berlibur ini tercapai, maka destinasi yang tenang dan sepi harus Anda pilih. Nah untuk Anda yang merencanakan ke Belitung dan ingin menikmati liburan yang tenang, maka beberapa destinasi pulau sepi dan tak berpenghuni ini bisa Anda pilih. Meski sepi dan berpenghuni, namun jangan sepelekan pulau-pulau di Belitung ini. Sebab, pulau-pulau tersebut memiliki banyak suguhan menarik untuk kegiatan berlibur Anda. Berikut beberapa pulau di Belitung yang sepi dan tak berpenghuni untuk Anda jadikan tujuan wisata yang menenangkan.

1. Pulau Batu Berlayar

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Batu berlayar adalah sebuah pulau yang ada di sebelah Barat Pantai Tanjung Kelayang Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Meski sepi dan tak berpeghuni, di Pulau Batu Berlayar ini kita bisa mendapati banyak hal menarik untuk kegiatan berlibur. Pertama, sesuai dengan namanya, kita di sini bisa mendapati sebuah batu granit unik yang besar karena berbentuk seperti perahu yang membentangkan layar. Selain batu seperti layar perahu, di pulau ini Anda juga bisa mendapati batuan granit unik lainnya seperti batu granit berbentuk sirip dan gigi ikan hiu. Tentu dengan beberapa sajian batu granit berbentuk unik yang ada di Pulau Batu Berlayar ini kita akan bisa mendapatkan pengalaman berlibur yang mumpuni. Berada di Pulau Batu Berlayar ini kita juga bisa mendapati perairan laut yang jernih dan juga pasir pantai yang bersih dan putih. Pulau yang bisa didatangi air laut surut ini juga akan menghadirkan suasana yang sangat tenang dan nyaman. Hal ini dikarenakan Pulau Batu Berlayar ini tak berpenghuni sehingga Anda bisa melakukan rileksasi dan bersantai dengan optimal.

2. Pulau Pandan

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Pulau yang satu ini punya riwayat panjang dari keberadaan lanun atau bajak laut. Jadi dikisahkan pada zaman dahulu, Pulau Pandan ini sering didatangi oleh bajak laut untuk beristirahat setelah melaut. Jejak peninggalan bajak laut di Pulau ini sendiri terlihat dari adanya beberapa bukti seperti tambang kapal dan jangkar kapal yang telah membatu. Tidak hanya itu, bukti yang menguatkan bahwa di sini dulu sering didatangi bajak laut adalah adanya bekas sepasang telapak kaki yang diyakini merupakan jejak bajak laut. Pulau yang berada di Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Dendang, Tanjung Kelumpang, Belitung Timur ini juga menghadirkan sajian batuan granit berbentuk kepala ikan lumba-lumba yang ada di dasar laut. Di Pulau Pandan kita juga menjumpai sebuah hal unik yakni sumur yang tak pernah surut airnya meski musim kemarau. Sumur yang memiliki dalam satu meter ini juga memiliki rasa tawar meski lokasinya sangat dekat dengan pantai. Hal spesial yang bisa kita dapati di Pulau Pandan ini adalah suasana yang nyaman dan tenang. Pulau Pandan yang tak berpenghuni memang akan sangat tenang dan nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat dan rileksasi.

3. Pulau Batu Garuda

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Bila Anda tak mau jauh-jauh naik perahu dari Pantai Tanjung Kelayang, maka pilihan ke Pulau Batu Garuda adalah pilihannya. Pulau Batu Garuda atau juga disebut Pulau Kelayang ini memang bisa Anda capai dengan cepat dan mudah dari Pantai Tanjung Kelayang. Dengan waktu perjalanan selama 10 hingga 20 menit, Pulau Batu Garuda bahkan bisa Anda capai menggunakan perahu nelayan. Sesuai dengan namanya, di Pulau Batu Garuda ini Anda akan mendapati sajian batu granit yang unik berbentuk kepala burung garuda yang terjadi secara alami. Pulau yang memiliki air jernih dan pasir putih yang bersih ini juga akan membuat Anda yang ingin berelaksasi dapat menikmatinya dengan lebih maksimal. Hal ini dikarenakan Pulau Batu Garuda ini adalah pulau tak berpenghuni yang jauh dari keramaian. Selain berelaksasi dan menikmati keunikan batu granit garuda, di pulau ini kita juga bisa berenang dengan nyaman karena ombaknya yang tidak terlalu besar. Pulau yang memiliki luas 50 meter persegi ini juga pastinya bisa membuat Anda melakukan penjelajahan atau eksplorasi dengan optimal. Saat menelusuri Pulau Batu Garuda sendiri, Anda bisa mendapati goa alam dan juga telaga bidadari yang indah. Pada malam hari pulau ini akan menghadirkan kerlap-kerlip lampu yang bisa disaksikan dari Pantai Tanjung Kelayang.

4. Pulau Pasir

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Berikutnya, pulau sepi dan tak berpenghuni di Belitung yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Pasir. Sebenarnya Pulau Pasir bukanlah benar-benar sebuah pulau. Ini karena ketika air laut sedang pasang maka pulau ini akan tenggelam dan lenyap. Jadi Pulau Pasir ini hanya sebuah gusong yang muncul ketika air laut sedang surut. Karena merupakan pulau yang timbul-tenggelam, maka di Pulau Pasir ini Anda tidak akan menjumpai penduduk. Dari sini maka saat berada di Pulau Pasir, maka Anda bisa bersantai dan rileksasi dengan maksimal. Ditambah dengan sajian kealamian dan kelestarian lingkungan di sekitar Pulau Pasir akan membuat segala jenuh dan penat akan seketika hilang saat berada di sini. Pulau Pasir sendiri menghadirkan sajian pasir putih yang bersih dan halus serta perairan yang bersih dan jernih. Hal menarik lain yang bisa kita dapati di Pulau Pasir ini adalah beberapa binatang laut yang lucu. Dari semua suguhan yang dihadirkan Pulau Pasir, pastinya akan membuat Anda mendapatkan pengalaman berlibur yang sangat berkesan.

5. Pulau Ayam

foto #4 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Terakhir, pulau sepi dan tak berpenghuni yang menarik untuk bisa Anda jumpai di Belitung adalah Pulau Ayam. Pulau yang masih belum banyak terjamah manusia ini memang memukau. Bagi Anda yang merindukan liburan yang menenangkan, maka berada di sini kegiatan rileksasi akan jadi sangat optimal. Tidak hanya melakukan rileksasi, tapi di Pulau Ayam ini Anda juga bisa mendapati kelestarian alam yang masih sangat terjaga. Beberapa kelestarian dan kealamian alam yang bisa kita dapati di Pulau Ayam antara lain pepohonan kelapa yang rindang, pasir putih yang bersih dan halus serta air laut yang jernih. Kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Pulau Ayam ini adalah berenang dengan dukungan ombak yang tenang, trekking menyusuri pulau selusa 1,5 hektar serta menikmati sunrise di pagi hari. Sunrise pagi hari di Pulau Ayam ini memang sangat indah. Ini karena pulau ini yang mengarah ke luar menuju laut Cina Selatan. Untuk mendatangi pulau yang berada di Desa Batu Penyu Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur ini Anda bisa memulai perjalanan laut dari Dermaga Pelabuhan Pasar Ikan (PPI) Gantung.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar

  • belitung comment
    Alfian
    17 Nov 2018

    Mudah-mudahan foto nya bisa ke upload

    belitung image


  • belitung comment
    Alfian
    17 Nov 2018

    Pulau-pulau di Belitung memang keren, numpang share foto ya, karene seneng sekali bisa menikmati keindahan Belitung.

    belitung image