Menapak Tilas Kerajaan Buding

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #223
 
 Asep Irwan Gunawan  15/03/2020
Location: Belitung VIEW 1045479 LIKE 27

Bicara tentang sejarah Belitung, kita memang tidak bisa melepaskannya dari munculnya beberapa kerajaan yang pernah ada. Setidaknya ada 4 kerajaan yang pernah berkuasa di Belitung yakni Kerajaan Badau, Kerajaan Balok, Kerajaan Belantu dan Kerajaan Buding. Nah di sini kita akan coba membahas Kerajaan Buding yang merupakan salah satu kerajaan yang berdiri dan berkuasa di Belitung Timur.

Kerajaan Buding

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Menurut catatan buku perjuangan rakyat Belitung tahun 1924-1950, dinyatakan bahwa di kecamatan Kelapa Kampit, Belitung dahulu berdiri sebuah kerajaan bernama Kerajaan Buding. Pada catatan tersebut diketahui bahwa Kerajaan Buding merupakan bagian dari wilayah Kerajaan Balok. Dari catatan ini juga didapati fakta bahwa kerajaan Buding merupakan kerajaan ketiga yang berada di Belitung. Raja pertama dari Kerajaan Buding ini adalah Datuk Kemiring Wali Raib. Setelah Datuk Kemiring, pemerintahan Kerajaan Buding dilanjutkan oleh Taila, Duame, Kahar, dan Kadir.

Museum Istiqomah Buding Menjadi Saksi Keberadaan Kerajaan Buding

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Keberadaan Kerajaan Buding sendiri bisa kita lihat dari peninggalan-peninggalannya di Museum Istiqomah Budung. Museum ini sendiri bisa Anda kunjungi di Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Di museum tersebut kita bisa mendapati banyak benda-benda peninggalan Kerajaan Buding yang akan membuka wawasan dan pengetahuan kita tentang Belitung pada umumnya dan Kerajaan Buding pada khususnya. Beberapa benda peninggalan Kerajaan Buding yang bisa kita jumpai di Museum Istiqomah ini antara lain senjata tajam seperti parang, tombak, pedang, keris, badik. Selain sejata dari logam, di sini kita juga bisa mendapati senjata unik berwujud gagang tanduk rusa. Senjata unik lain berupa parang dari abad ke-5 serta pedang panjang dengan ukiran-ukiran juga bisa kita jumpai di museum yang memiliki bangunan mirip rumah tersebut.

Koleksi menarik lain yang dimiliki Museum Istiqomah Buding adalah gong kecil (kempul) yang berusia sangat tua. Ada juga koleksi pakaian Kerajaan Buding, tempat buah dari kuningan, mata uang kepeng Belanda dan beberapa perlengkapan rumah tangga. Koleksi Museum Istiqomah Buding lain yang tidak boleh dilupakan yakni kubah masjid yang diperkirakan berumur sekitar 4 abad. Dulu di sebelah museum ini berdiri memang ada dan berdiri masjid kuno yang dianggap sebagai masjid tertua di Belitung. Tapi sayangnya masjid ini saat ini telah diganti dengan masjid baru.

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Kerajaan Buding Masuk Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI)

Mengingat Kerajaan Buding ini merupakan kerajaan tertua dan sangat bersejarah dalam riwayat Belitung, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur tak tinggal diam. Maka dari itu dalam rangkaian acara HUT Satu Dasawarsa Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang digelar di di Kota Surakarta pada tanggal 24-26 Oktober 2018, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur aktif dan antusias mengikutinya. Hal ini dilakukan tentu dengan tujuan membuat cagar budaya dari Kerajaan Balok dan Buding ini bisa terus lestari. Kerajaan Balok dan Buding sendiri memang telah diakui oleh JKPI dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia. Ini artinya Pemerintah Kabupaten Belitung Timur berkewajiban untuk merawat dan melestarikan cagar budayanya. Terakit masuknya Kerajaan Balok dan Buding ke JKPI ini diakui oleh Yuslih Ihza Mahendra selaku Bupati Belitung Timur melalui proses yang lama.

foto #3

“Kabupaten Belitung Timur bergabung dengan JKPI karena kita memiliki cagar Budaya, dan ini prosesenya lama” ujar Yulish.

“Cagar Budaya yang kita punya adalah Kerajaan Balok dan Kerajaan Buding” lanjut Yuslih.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar