Mencicipi Sambal Rusip Belitung yang Menggugah Selera

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #221
 
 Asep Irwan Gunawan  1/03/2020
Location: Belitung VIEW 8241 LIKE 96

Di Indonesia, sambal memang menjadi menu yang tak pernah absen menemani kudapan lain. Rasanya yang menggugah selera, membuat sambal selalu dijadikan andalan setiap kali seseorang akan menyantap makanan. Begitu populernya sambal di negeri ini bahkan membuat beberapa daerah memiliki jenis sambal khas tersendiri. Salah satu sambal khas nan lezat yang akan membuat lidah Anda begoyang saat menikmatinya adalah sambal rusip dari Bangka-Belitung. Lalu seperti apakah sambal rusip tersebut? Yuk telusuri informasinya dalam artikel ini.

HASIL FERMENTASI IKAN

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Sambal rusip yang berasal dari Provinsi Bangka-Belitung ini dibuat dari ikan sebagai bahan dasarnya. Biasanya ikan yang digunakan untuk sambal rusip ini adalah ika teri. Tapi ada beberapa orang yang membuat sambal rusip ini dengan bahan dasar ikan bilis (Clupeoides borneensis). Ikan di Bangka-Belitung ini memang bukan hal yang aneh. Sebab Bangka-Belitung yang merupakan daerah kepulauan yang dikelilingi lautan, membuat ikan sangat mudah didapat. Jadi ikan yang akan dijadikan sambal rusip ini awalnya akan dibersihkan dulu untuk kemudian dicampur dengan gula merah dan garam.

Untuk proses pembersihan ikan ini sendiri haruslah dilakukan dengan baik. Sebab bila ikan masih kotor dan tidak higienis maka tidak akan bisa diolah menjadi sambal rusip. Hal ini dikarenakan ikan yang tidak higienis tersebut akan membusuk dan memunculkan ulat. Ikan yang sudah bersih dan higienis sendiri akan diawetkan pada sebuah wadah bersama dengan bahan-bahan yang telah dicampurkan tersebut. Dari sinilah akan muncul proses fermentasi ikan yang berlangsung selama minimal tujuh hari. Setelah ikan diawetkan dan difermentasi selama tujuh hari atau lebih tersebut mengeluarkan bau asam, maka itu artinya ikan siap dikeluarkan dan diolah menjadi sambal rusip.

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

PENGOLAHAN SETELAH FERMENTASI

Ada satu hal menarik yang bisa didapatkan dari proses pengawetan dan fermentasi ikan untuk sambal rusip ini yaitu munculya asam laktat. Nah dari hadirnya asam laktat tersebut ada yang meyakini unsur ini bisa membuat seseorang awet muda. Ikan yang sudah diawetkan melalui proses fermentasi selama tujuh hari atau lebih tersebut lalu akan dicampur kembali dengan bawang merah, jeruk kunci dan cabai. Dari campuran bahan-bahan ini, sambal rusip akan menghadirkan aroma yang kuat. Rasa sambal rusip yang asam dari ikan dan jeruk ini akan berpadu dengan rasa manis dan pedas sehingga membuat siapa pun yang mencicipinya akan ketagihan.

foto #2

KANDUNGAN MENYEHATKAN DIBALIK PENAMPAKANNYA

Ketika pertama kali seseorang melihat sambal rusip ini memang tidak semua akan langsung berselera. Ini karena sambal rusip yang tergolong ekstrem. Melihat warna yang keruh dan penampakan ikan teri yang mencuat serta bau menyengat, memang bisa saja membuat orang merasa jijik. Tapi ketika dinikmati, perasaan jijik tadi akan berubah menjadi ketagihan. Dan dibalik penampakannya yang tidak enak dilihat, ternyata sambal rusip ini memiliki kandungan yang menyehatkan. Hal ini karena dalam sambal rusip ini mengandung asam laktat dan asam amino yang tinggi dengan kegunaan untuk pencernaan serta membuat awet muda. Dalam penelitian lain didapati manfaat sambal rusip yang mampu menurunkan kolesterol. Belum lagi kandungan kalsium yang besar pada ikan teri, akan membuat tulang menjadi lebih kuat.

foto #3 Penyajian Sambal Rusip
Penyajian Sambal Rusip

MENIKMATI SAMBAL RUSIP

Untuk menikmati sambal rusip ini biasanya masyarakat Bangka-Belitung ini akan menyantapnya bersama dengan nasi hangat, olahan ikan dan sayur-mayur seperti mentimun, rebusan daun singkong, terong dan selada. Namun demikian ada beberapa orang juga yang menikmati sambal rusip ini tanpa tambahan lauk lainnya. Jadi di sini mereka akan menyantap sambal rusip hanya dengan nasi saja. Dari rasa pedas yang ada pada sambal rusip ditambah hangatnya nasi, seringkali orang yang menikmatinya berkeringat dan bertambah selera makannya.

MENDAPATKAN SAMBAL RUSIP

Untuk Anda yang ingin mencoba sambal rusip, Anda bisa membuatnya sendiri atau membelinya di toko-toko khas Bangka-Belitung yang menjualnya. Selain dari toko, Anda juga bisa mendapatkan sambal rusip ini dari para pedagang keliling yang menjualnya. Harga untuk sambal rusip yang dijual di kios-kios makanan khas Bangka-Belitung ini adalah berkisar Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu. Perbedaan harga ini hanya soal ukuran besar-kecilnya botol yang dipakai untuk sambal rusip kemasan.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar

  • belitung comment
    Tika
    29 Feb 2020

    Sambal di Belitung itu memang enak-enak banget, terasi nya berasa karena dibuat dari udang segar. Cobain deh, pasti maknyus.