5 Pemandian Alam di Belitung Ini Akan Buat Badan Jadi Segar dan Rileks

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #156
 
 Asep Irwan Gunawan  17/01/2018
Location: Pulau Belitung VIEW 50789 LIKE 416

Mandi di pemandian alam memang akan selau membawa kesan tersendiri. Nah saat berlibur ke Pulau Belitung Anda juga bisa mandi di beberapa pemandian alam. Dengan mengunjungi beberapa tempat pemandian alam tersebut tentu akan membuat warna tersendiri dalam liburan Anda di Pulau Belitung. Hal ini dikarenakan Anda akan mendapati wisata yang berbeda dari biasanya di Belitung yang seringkali mengandalkan wisata Pantai. Dengan berkunjung ke pemandian alam yang airnya jernih ini tentu akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan rileks. Nah berikut ini beberapa tempat pemandian alam yang bisa Anda kujungi saat berlibur di Negeri Laskar Pelangi tersebut.

1. Tirta Marundang

foto #0 https://www.tripadvisor.co.uk
https://www.tripadvisor.co.uk

Pertama, pemandian alam yang bisa Anda kunjungi di Belitung yakni Tirta Marundang. Sesuai dengan namanya pemandian ini memiliki sumber air yang berasal dari Sungai Marundang. Bahkan sebenarnya pemandian ini memang berada pada aliran sungai yang lebar dan berdebit air besar tersebut. Karena lama-kelamaan sungai berair bersih ini didatangi pengunjung, membuat Pemerintah Daerah mengambil alih. Dengan dana yang ada Pemerintah Daerah mengelola Tirta Marundang dengan mempercantik area hingga membentuk wisata pemandian alam. Walau berada di aliran sungai tapi kejernihan air di Pemandian Tirta Marundang patut diacungi jempol. Sebab air di sini sangat jenrih dan bersih hingga membuat kita bisa melihat ikan-ikan di kolam dari atas permukaan air. Di Tirta Marundang sendiri ada dua kolam dengan kedalaman yang berbeda untuk Anda gunakan mandi dan berendam. Didukung dengan lingkungan yang hijau membuat pemandian yang berada di Desa Air Seru, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung ini akan membuat Anda nyaman dan betah berlama-lama.

2. Pemandian Alam Jerry

foto #1 https://web.facebook.com
https://web.facebook.com

Pemandian yang satu ini tidak hanya membuat Anda bisa melakukan kegiatan mandi dan berenang saja. Pasalnya di sini ada semacam tempat konservasi beberapa flora dan fauna langka. Pemilik sekaligus pengelolanya yakni Jerry Uktoselja memang sengaja memelihara beberapa flora dan fauna untuk menarik pengunjung. Beberapa flora yang ada di sini yakni pohon namnam, pohon keremunting, pohon kayu putih, pohon rambai dan pohon maja. Tidak ketinggalan pepohonan yang berbuah seperti durian, rambutan dan sawo juga bisa kita jumpai. Menariknya saat panen, buah-buahan tersebut bisa kita nikmati secara gratis. Sementara itu untuk fauna langka yandg ada di Pemandian Jerry antara lain musang selat nasik, burung lukebird dan burung kakaktua. Selain adanya flora dan fauna langka, di sini kita juga bisa menjumpai taman yang asri dan cantik. Untuk tempat pemandiannya sendiri kita bisa berendam dengan menyenangkan. Hal ini dikarenakan Pemandian Alam Jerry memiliki air yang jernih dari Sungai Bebulakiyang berhulu dari bawah kaki Gunung Tajam. Untuk mendatangi pemandian yang debit airnya tidak pernah kering ini Anda harus bergerak menuju Jl. Buluh Tumbang, Desa Perawas, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung.

3. Pemandian Sumber Air Panas Buding

foto #2 https://plus.google.com
https://plus.google.com

Anda yang ingin mandi dengan air yang hangat di Pulau Belitung maka Pemandian Sumber Air Panas Buding bisa jadi pilihan yang tepat. Pemandian Sumber Air Panas Buding ini memang airnya tidak terlalu panas atau hangat karena air panasnya telah bercampur dengan air rawa yang dingin. Dengan berendam di Pemandian Sumber Air Panas Buding akan membuat tubuh menjadi rileks. Selain itu air panas buding yang mengandung belerang akan membuat beberapa penyakit, terutama penyakit kulit dan rematik akan segera sembuh. Pemandian Sumber Air Panas Buding sendiri memiliki air yang jernih dan membuat Anda bisa berendam dengan leluasa. Sayangnya pemandian air panas yang berada di Dusun Bukit Jaya, Desa Buding, Kecamatan Klapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur ini tidak mendapatkan perhatian yang baik dari Pemerintah Daerah. Hal ini berdampak pada keadaan Pemandian Sumber Air Panas Buding yang tidak terawat dengan ditumbuhi semak belukar pada beberapa sudut pemandian. Melihat kondisi yang ada memang sangat disayangkan mengingat Pemandian Sumber Air Panas Buding ini merupakan satu-satunya wisata air panas yang ada di Pulau Belitung.

4. Pemandian Batu Mentas

foto #3 https://belitong.wordpress.com
https://belitong.wordpress.com

Berada di Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Anda bisa menjumpai sebuah pemandian yang menarik bernama Pemandian Batu Mentas. Keistimewaan dari Pemandian Batu Mentas ini adalah punya kekayaan flora dan fauna. Sejak diresmsikan sebagai kawasan wisata, Pemandian Batu Mentas memang sudah mengusung konsep kawasan konservasi. Beberapa fauna yang dilindungi di Pemandian Batu Mentas ini antara lain Tarsius Bancanus Saltator, Tupai Kelaras, Burung Siaw, Pelanduk dan Rusa. Sementara itu untuk flora yang dilindungi di sini yaitu Rukam, Pelawan, Simpor Laki, Sisilan, Nibong Palay, dan lain sebagainya. Berada di Pemandian Batu Mentas sendiri akan membuat kita merasanya nyaman. Pasalnya Pemandian Batu Mentas ini berada di area hutan lindung di kaki Gunung Tajam yang asri dan rindang. Untuk pemandiannya sendiri Anda di sini akan menjumpai air yang jernih dan bersih. Dari keadaan itu maka Anda pun di Pemandian Batu Mentas bisa mandi dan berenang dengan sensasi yang menyegarkan. Karena berada di sebuah aliran sungai yang dikelilingi bebatuan granit membuat Anda di sini juga bisa menikmati air terjun kecil dan juga melakukan kegiatan arung jeram. Tidak hanya itu, di Pemandian Batu Mentas ini Anda juga bisa melakukan kegiatan outbond yang seru dan menyenangkan. Fasilitas lain yang bisa kita dapati di sini yakni penginapan untuk bermalam. Sebelum pulang kembali ke rumah jangan lupa juga untuk membeli buah tangan berupa seni kerajinan anyaman rotan kreasi masyarakat sekitar Pemandian Batu Mentas.

5. Pemandian Alam Suci Indah

foto #4 https://es.foursquare.com
https://es.foursquare.com

Terakhir, pemandian alam yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Pulau Belitung yakni Pemandian Alam Suci Indah. Pemandian yang berada di Dusun Pulau Bayan, Sungai Samak, Badau, Belitung ini mudah diakses. Hal ini dikarenakan lokasinya di tepi jalan utama yang menghubungkan Tanjung Pandan dan Pelabuhan Pegantungan. Berada di Pemandian Alam Suci Indah ini membuat Anda bisa berwisata dengan seru dan nyaman. Hal ini dikarenakan di Pemandian Alam Suci Indah ada beberapa fasilitas yang mumpuni. Beberapa fasilitas yang ada di Pemandian Alam Suci Indah yaitu area parkir yang luas, gazebo, musholla, toilet dan juga restoran. Untuk menyantap beberapa menu di restoran Anda harus menyiapkan dananya antara Rp 2.000 hingga Rp 35.000. Sementara untuk masuk Pemandian Alam Suci Indah ini Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 5.000/orang. Mandi di sini sendiri akan membuat Anda bisa merasakan sensasi yang menyegarkan. Hal ini dikarenakan air di Pemandian Alam Suci Indah bersumber dari aliran air alam yang bersih dan jernih.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar