Air Terjun Gurok Beraye Bikin Malas Pulang!!

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #144
 
   9/09/2017
Location: Belitung VIEW 5551 LIKE 520


Jika liburan Anda berakhir dengan perasaan malas untuk kembali ke rumah, ini berarti liburan Anda sukses berat. Nah salah satu wisata alam di Belitung yang mampu membuat Anda betah dan malas pulang ke rumah adalah Air Terjun Gurok Beraye. Yuk kita intip apa sih yang membuat air terjun yang satu ini sukses membuat Anda malas untuk pulang.



Keunikan Air Terjun Gurok Beraye




Saat pertama kali mendengar tentang air terjun, apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda? Air terjun yang tinggi, aliran air yang deras, bebatuan cadas atau jernihnya sumber mata air? Pasti akan ada banyak sekali gambaran air terjun yang terlintas di benak Anda. Nah bersama dengan air terjun yang satu ini, Anda akan dibawa menuju definisi lain dari sebuah air terjun.




Jika biasanya derasnya aliran air atau tingginya air terjun menjadi faktor penarik perhatian, maka ini berbeda dengan Air Terjun Gurok Beraye. Air terjun yang satu ini tidak terlalu tinggi atau curam. Bahkan aliran airnya juga tidak deras lho. Aliran airnya mengalir di sela-sela bebatuan sehingga terlihat sangat artistic sekali. Tidak percaya? Cobalah luangkan waktu Anda untuk mengunjungi air terjun yang satu ini ya..



Snorkeling di Air Terjun Gurok Beraye




Saat membaca sub heading di atas, apakah Anda merasa aneh? Wajar saja, mengingat snorkeling lebih identik jika dilakukan di perairan pantai bukan? Tapi faktanya Anda memang bisa melakukan snorkeling di Air Terjun Gurok Beraye lho. Air terjun yang satu ini benar-benar memiliki air yang super jernih. Bukan hanya jernih tapi benar-benar super jernih. Bahkan Anda bisa melihat ikan-ikan kecil dan dasar sungainya lho. Bayangkan saja sungai di bawah air terjun ini memiliki kedalaman sekitar 1.5 meter dan Anda bisa melihat dasarnya dengan mata telanjang. Super sekali kan?




Jika Anda menginjakkan kaki di Air Terjun Gurok Beraye, maka percayalah Anda tidak akan tahan untuk berdiam diri di atas tanah. Tidak ada satupun wisatawan yang menolak pesona air jernih dan gerombolan ikan-ikan kecil di dasar sungai. Bahkan selain menikmati keseruan snorkeling, banyak juga wisatawan yang melakukan selfie underwater di Air Terjun Gurok Beraye. Anda ingin mencobanya?



Cara untuk Sampai Ke Air Terjun Gurok Beraye




Setelah mengetahui tentang keunikan dan keseruan yang bisa Anda nikmati di air terjun keren ini, pastinya Anda sudah tidak sabar untuk ke sini kan? Tenang, air terjun yang terletak di Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau ini berada tepat di lereng Gunung Tajam. Lokasi air terjun ini berada sekitar 32 km ke arah timur dari Kota Tanjung Pandan.




Untuk bisa sampai di Air Terjun Gurok Beraye, Anda harus menumpangi jeep atau mobil 4x4 (four wheel drive) dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Meskipun kondisi jalannya berbatu dengan kemiringan yang lumayan menantang, tapi Anda tidak akan merasa lelah kok. Pemandangan di sepanjang perjalanan akan membuat Anda takjub. Anda akan terhipnotis oleh lebatnya hutan di kawasan Gunung Tajam ini. Belum lagi Anda akan disambut dengan kawanan monyet dan jika beruntung Anda bisa mendengar bunyi sipongang lho.




Nah perjalanan awal dari kota Tanjung Pandan memasuki kawasan hutan Gunung Tajam akan berakhir di ujung jalan. Anda bisa memarkir kendaraan di tempat ini dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Meskipun dari ulasan ini sedikit terlihat bahwa medannya cukup berat tapi faktanya medan ini masih cocok untuk anak-anak juga. Jadi Anda bisa membawa keluarga tercinta untuk berlibur ke Air Terjun Gurok Beraye.




FYI, pengunjung tidak dipungut biaya apapun untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Gurok Beraye ya. Tapi mengingat belum adanya pengelolaan yang baik maka Anda harus siap siaga soal makanan dan kebutuhan untuk buang air karena belum ada warung dan juga toilet di wisata air terjun yang satu ini.


Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar