Batu Hias Belitung Tambah Varian Cinderamata

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
 
   12/03/2015
Location: VIEW 4307 LIKE 860
BOOMING batu hias juga dirasakan di Pulau Belitung. Festival batu asli Belitung pertama bertajuk Belitong Ice Crystal (Kinyang) Festival digelar mulai 13 Maret hingga 19 Maret 2015 di halaman parkir Grand Hatika Hotel. Ratusan batu hias akan mengikuti empat kategori kontes berhadiah jutaan rupiah.

Selain ratusan batu yang mengikuti kontes, puluhan pengerajin batu di Belitung juga dipastikan mengikuti festival pertama di Belitung ini. Meskipun sudah full booking, panitia tetap menerima pengerajin yang ikut serta dengan menambah fasilitas dalam festival.

Booming batu hias ini diyakini akan berimbas pada mendukung pariwisata di Belitung. Batu hias yang saat ini hanya menjadi produk batu cincin dan liontin bisa berkembang menjadi cinderamata berbentuk lain. Namun hal ini harus mendapatkan pendampingan dari pemerintah daerah.

Ketua Umum Belitong Ice Crystal Festival Andi S Lanna mengatakan even ini sebagai upaya mengangkat potensi batu hias di Belitung. Selain itu juga ikut menyemarakkan pariwisata di Belitung dengan berbagai produk kerajinan asli daerah.

"Batu yang ikut kontes harus asli Belitung, karena kita memang mau mengangkat potensi batu asli Belitung ini. Ini juga sebagai ajang bagi para pecinta batu di Belitung maupun Babel secara keseluruhan," ujar Andi S Lanna.

Setidaknya dari batu hias asli Belitung nantinya bisa dikembangkan dan diolah menjadi souvenir atau cinderamata dari Belitung bagi wisatawan yang berkunjung. Hal ini sesuai dengan tujuan pariwisata merupakan meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mendatangkan orang ke daerah tersebut.
"Jelas ada kaitannya dengan pariwisata. Ini bisa juga bisa jadi souvenir yang bagus dan membanggakan daerah kita bila diolah," jelas Andi S Lanna.

Batu hias tersebut juga merangsang munculnya usaha kecil menengah (UKM) berupa pengerajin-pengerajin batu hias. Pembinaan dari pemerintah daerah untuk mengarahkan UKM tersebut agar bernilai ekonomis tinggi akan menuntun pengerajin ini sebagai pemasok cindera mata. (*)

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar