Ganesha Begalor Tunjukkan Potensi Wisata ke Para Menteri

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #101
 
   15/03/2015
Location: Kampong Dedaun VIEW 7176 LIKE 672
KUNJUNGAN tiga menteri Kabinet Kerja di Belitung, Sabtu (14/3) dimanfaatkan sebaik mungkin pelaku pariwisata dan Pemkab Belitung untuk menunjukkan potensi pariwisatanya. Padahal kunjungan ketiga menteri ini sejatinya untuk mengikuti rapat kerja nasional (Rakernas) Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB).

Salah satu travel agent di Belitung, Belitungisland.com (BIC) yang mengurusi kegiatan para alumnus ITB tersebut menggelar Ganesha Begalor, Sabtu malam di Kampong Dedaun, Sijuk. Begalor dalam bahasa Idonesia berarti kumpul-kumpul untuk mengobrol ini untuk menunjukkan potensi pariwisata itu ke hadapan para menteri.

Ketiga menteri yang dijadwalkan mengikuti kegiatan ini antara lain Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo. Berbagai kesenian dan kerajinan produksi Belitung akan dipamerkan dalam acara tersebut.

Owner Belitungisland.com Rustam Effendie mengatakan momen kedatangan menteri ini dimanfaatkan sebagai upaya pemerintah pusat melirik potensi kepariwisataan Belitung. Sehingga diharapkan pemerintah pusat men-support pembangunan pariwisata di Negeri Laskar Pelangi ini.

"Sebenarnya mereka (para menteri, red) kesini bukan dalam kegiatan pariwisata tapi untuk mengunjungi PLTU Suge dan Pelabuhan Tanjung Batu serta rakernas ITB. Paling nggak kita berharap mereka juga jadi melirik Belitung," ujar Rustam Effendie.

Dalam kegiatan Ganesha Begalor akan disediakan stan-stan yang menampilkan produk kerajinan dari Disperindagkop Kabupaten Belitung dan kerajinan dari Kecamatan Sijuk. Hal ini dimaksudkan agar para menteri bisa melihat potensi dalam sektor pariwisata yang dimiliki Belitung.



Selama ini Belitung masih terlalu mengandalkan potensi pantai dan laut dalam kegiatan wisatanya. Dengan kegiatan ini diharapkan pemerintah pusat melihat secara langsung potensi pariwisata di Belitung bukan hanya sebatas pantai, namun juga kesenian dan produk kerajinannya.


Rustam menambahkan pemerintah baik pusat maupun daerah akan melakukan pembangunan sesuai dengan potensi yang dimiliki. Sehingga dengan momen kedatangan para menteri ini bisa sebagai ajang unjuk potensi yang dimiliki Belitung dalam hal pariwisata.


"Jadi masyarakat dituntut untuk menunjukkan kreativitasnya. Sampai saat ini pantai-pantai yang masih diandalkan. Kalau kita bisa tambah dari budaya kesenian pemerintah mau nggak mau harus bangun pariwisata di Belitung," papar Rustam. (*)

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar