Ini Kebun Raya Bogor Milik Belitung Timur

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #110
 
   16/06/2015
Location: VIEW 4478 LIKE 806
HUTAN Konservasi (HK) Desa Balok, Dendang, Beltim penyimpan potensi untuk pengembangan pariwisata wilayah selatan Pulau Belitung. Kawasan ini memiliki panorama indah yang digadang-gadang menyerupai Kebun Raya Bogor.




Kasawan hutan yang disebut masyarakat desa setempat Hutan Balok Lama ini mempunyai pohon-pohon berukuran besar. Selain itu di kawasan ini juga terdapat Makam Raja Balok I KA Gedeh Jakub Gelar Depati Cakradiningrat dan sahabatnya Syech Abdul Samsudin.



Hutan tersebut hingga saat ini masih sangat terawat, kebersihannya terjaga dan tata letak pohon-pohon unggulan sangat rapi. Sangat sesuai dengan kebutuhan wisata. Keberadaan kawasan ini juga mendukung pariwisata di Belitung.



Akses menuju kawasan yang memiliki luas 40 hektar ini terbilang mudah. Akses jalan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Jaraknya juga cukup dekat dengan pemukiman warga terdekat, hanya satu kilometer.




Sebelumnya kawasan ini sangat dikenal dengan tempat wisata religius. Keberadaan dua makam orang yang berpengaruh di Pemerintahan Belitung zaman kolonial membuat lokasi tersebut banyak dikunjungi masyarakat.



"Setiap hari ada yang ziarah ke makam, ada yang cuman melihat-lihat saja atau berwisata biasa," kata penjaga kawasan tersebut, Sujarmin (47).



Namun hingga saat ini kawasan tersebut belum dilirik pemerintah daerah setempat untuk menjadi salah satu destinasi wisata. Travel agent juga belum merambah lokasi ini lantaran jaraknya yang cukup jauh dari pusat kota. (*)

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar