Inilah 6 Kegiatan Seru yang Bisa Kita Lakukan di Air Terjun Kepala Kawai

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #190
 
 Asep Irwan Gunawan  20/04/2019
Location: Belitung VIEW 12858 LIKE 894

Air Terjun Kepala Kawai atau juga disebut Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai ini merupakan salah satu destinasi wisata menarik di Belitung, tepatnya di Dusun Aik Nangka, Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. Meski tak sepopuler Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang, Air Terjun Kepala Kawai tetap begitu mengesankan untuk dikunjungi. Air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter ini sendiri memiliki keistimewaan yaitu adanya tekstur yang jarang dijumpai di tempat-tempat wisata lain di Belitung. Dengan adanya tekstur yang unik inilah membuat Air Terjun Kepala Kawai mengalir dan terjun ke bawah secara bertingkat-tingkat. Setidaknya ada tujuh tingkatan yang bisa kita jumpai pada Air Terjun Kepala Kawai ini. Di lokasi Air Terjun Kepala Kawai sendiri kita bisa berwisata dengan berbagai agenda dan kegiatan yang seru. Nah berikut ini adalah beberapa kegiatan seru dan mengesankan yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Kepala Kawai.

1. Mandi dan Berenang

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Pertama, kegiatan seru dan mengesankan yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Kepala Kawai adalah mandi dan berenang. Air Terjun Kepala Kawai yang memiliki kolam di bawahnya memang membuat Anda bisa melakukan kegiatan mandi dan berenang. Dengam airnya yang jernih dan bersih, tentu akan membuat dua aktivitas ini akan sangat menyenangkan. Selain menyenangkan, mandi dan berenang di Air Terjun Kepala Kawai ini akan sangat membuat tubuh merasakan kesegaran. Ini karena air pada Air Terjun Kepala Kawai ini berasal dari sumber alami di pegunungan. Karena aliran Air Terjun Kepala Kawai ini tidak terlalu deras, maka melakukan kegiatan mandi di bawah guyuran air terjun akan menjadi sesuatu yang menarik untuk dilakukan.

2. Bersantai dan Rileksasi

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Air Terjun Kepala Kawai yang berada di kawasan hutan lindung dengan luas mencapai 10 hektar ini akan membuat udara di sekitarnya menjadi lebih sejuk. Dari kesejukan udara yang ada di kawasan wisata Air Terjun Kepala Kawai membuat Anda pun bisa melakukan kegiatan bersantai dan rileksasi dengan optimal. Dukungan lain yang membuat kegiatan bersantai dan rilekasi di Air Terjun Kepala Kawai ini menjadi maksimal adalah adanya suasana yang tenang dan nyaman. Lokasi Air Terjun Kepala Kawai yang berjarak waktu 40 menit dari Kota Tanjung Pandang dan berada di kawasan hutan lindung memang akan membuat orang jarang datang. Dari sinilah maka Anda yang datang ke sini akan merasakan suasana yang hening, tenang dan nyaman. Dari dukungan suasana yang tenang inilah maka di Air Terjun Kepala Kawai ini Anda akan bisa melakukan kegiatan bersantai dan rileksasi ini dengan sangat optimal. Sembari bersantai, Anda bisa menikmati pemandangan indah dari Air Terjun Kepala Kawai dan hutan yang elok. Dengan segala hal yang mampu membuat kegiatan bersantai dan rileksasi ini optimal, maka Anda yang datang ke sini membawa jenuh dan penat, akan seketika hilang dan sirna kedua hal tersebut.

3. Rock Climbing atau Panjat Tebing

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Ada sebuah kegiatan unik yang bisa Anda lakukan di kawasan wisata Air Terjun Kepala Kawai ini. Kegiatan ini dikatakan unik dan berbeda karena memang bisa dikatakan hampir tidak ada wisata air terjun di Belitung yang bisa menghadirkannya. Aktivitas dan kegiatan rock climbing ini bisa dilakukan karena ada sebuah batu berbentuk boulder yang tegak ke atas. Dari adanya batu berbentuk boulder inilah Anda pun bisa melakukan kegiatan rock climbing atau panjat tebing dengan optimal. Namun Anda yang ingin melakukan kegiatan rock climbing di Air Terjun Kepala Kawai ini maka Anda harus mempersiapkan segala perlengkapan dan peralatannya. Anda harus menyiapkan perlengkapan rock climbing dari rumah atau tempat pemberangkatan. Pasalnya di area lokasi wisata ini tidaka ada pihak yang menyewakannya. Jangan lupa juga untuk tetap terus berhati-hati dan waspada ketika Anda akan melakukan kegiatan rock climbing ini. Apalagi bila Anda sengaja melakukan rock climbing di dekat lokasi air terjun, maka hal ini akan berbahaya karena adanya air di bebatuan yang bisa membuat licin.

4. Camping atau Berkemah

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Bagi Anda yang suka kegiatan petualangan, maka melakukan camping atau berkemah di lokasi Air Terjun Kepala Kawai akan menjadi pilihan yang tepat. Ini karena di sini Anda bisa melakukan camping dengan dukungan suasana alam yang begitu kental. Air Terjun Kepala Kawai sendiri sudah lama dijadikan tempat camping oleh beberapa kelompok dan masyarakat. Untuk melakukan camping ini Anda juga sudah harus mempersiapkan perlengkapannya dari rumah. Pastikan juga beberapa obat pribadi dan obat P3K juga Anda bawa untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan ketika camping. Untuk semua perlengkapan camping termasuk obat-obatan memang seharusnya Anda siapkan dari rumah. Ini karena di lokasi wisata atau di sekitarnya sulit ditemukan tempat yang menyediakan beberapa perlengkapan tersebut.

5. Trekking

foto #4 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Dengan luas hutan lindung yang mencapai 10 hektar, Anda tentu bisa melakukan kegiatan trekking di kawasan wisata Air Terjun Kepala Kawai ini optimal. Untuk menuju spot Air Terjun Kepala Kawai sendiri Anda juga harus melakukan trekking dengan berjalan kaki yang terbilang cukup mumpuni. Nah bila sesampai air terjun Anda masih belum puas, maka Anda bisa melanjutkan trekking untuk menjelajahi kawasan wisata yang areanya sangat luas untuk ditelusuri. Saat trekking di kawasan wisata Air Terjun Kepala Kawai ini disarankan untuk Anda melakukannya bersama teman. Maksudnya adalah Anda disarankan tidak sendirian saat trekking. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat atau juga mengalami kecelakaan yang membutuhkan pertolongan. Beberapa serangan hewan yang bisa membahayakan Anda juga membuat kegiatan trekking bersama teman ini sangatlah dianjurkan. Jangan lupa juga untuk membawa beberapa makanan dan minuman saat melakukan trekking ini. Pasalnya, kegiatan trekking di kawasan wisata Air Terjun Kepala Kawai yang luas bisa saja membuat Anda kelaparan dan juga kehausan. Dengan membawa bekal makanan dan minuman maka rasa lapar dan haus Anda pun akan segera teratasi. Membawa beberapa obat pribadi dan P3K juga penting dilakukan saat trekking. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal seperti kambuhnya penyakit atau juga kecelakaan.

6. Fotografi

foto #5 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Terakhir, kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Kepala Kawai adalah fotografi. Dengan keindahan dan pesona Air Terjun Kepala Kawai serta kawasan hutan lindung di sekitarnya maka Anda akan menyesal bila tidak mengabadikannya dengan kamera. Pastikan saja Anda membawa kamera dengan resolusi yang baik agar hasil jepretan Anda jadi lebih optimal. Saat membawa dan melakukan pemotretan di beberapa spot wisata Air Terjun Kepala Kawai, Anda harus berhati-hati. Terutama bila Anda sedang membidik beberapa objek di sekitaran lokasi air terjun. Ini karena di kawasan wisata Air Terjun Kepala Kawai, terutama di area ari terjun, akan ada genangan air atau cipratan air yang bisa membuat kamera Anda rusak bila mengenainya. Jadi berhati-hati saja saat melakukan fotografi di kawasan wisata Air Terjun Kepala Kawai ini.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar