Mengenal Wisata Kota Kecil Gantung Belitung Timur

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #177
 
 Asep Irwan Gunawan  20/01/2019
Location: Belitung VIEW 8874 LIKE 163

Gantung adalah salah satu kecamatan di Belitung Timur yang saat ini selalu mencuri perhatian wisatawan. Meski merupakan Kota kecil, namun daerah yang dalam bahasa setempat disebut Gantong ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, terutama dari dari sektor pariwisatanya. Kemunculan kisah Laskar Pelangi yang telah dibukukan dalam bentuk novel serta pula telah dibuat layar lebarnya inilah yang membuat Gantung kemudian menjadi salah satu list tujuan favorit liburan ke Belitung. Dari sini bahkan harus diakui juga bahwa karena popularitas Laskar Pelangi inilah yang membuat pariwisata Belitung jadi terangkat. Hal ini terbukti dari munculnya julukan Belitung sebagai Negeri Laskar Pelangi.

DAMPAK DARI NOVEL DAN FILM LASKAR PELANGI

foto #0 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

Memang tak bisa dipungkiri bahwa pertumbuhan Kota Gantung, terutama pada sektor pariwisatanya, dikarenakan adanya pengaruh dan dampak dari kisah Laskar Pelangi. Kisah Laskar Pelangi baik novel dan filmnya memang fenomenal pada masanya sehingga menyita perhatian banyak orang. Dari sinilah bila Anda pecinta kisah Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata, maka Kota Gantung ini seharusnya bukanlah nama yang asing. Maka ketika mengunjungi Kota Gantung, tentu Anda akan bisa merasakan suasana yang diceritakan pada kisah Laskar Pelangi. Selain itu saat berada di Kota Gantung Anda juga bisa sekaligus bisa melakukan napak tilas kisah Laskar Pelangi. Tentu Gentung tidak hanya memiliki kisah Laskar Pelangi saja. Sebab di sini wisatawan bisa mendapati wisata lain seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya hingga wisata instagramble dan kuliner. Dari apa-apa yang dihadirkan Kota Gantung inilah maka wisatawan selalu tak mau melewatkan kecamatan ini dalam list liburan ke Belitung Timur.

WISATA LASKAR PELANGI

foto #1 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

Saat berlibur ke Kota Gantung maka beberapa wisata yang berkaitan dengan kisah Laskar Pelangi memang tak boleh dilewatkan. Ini karena wisata Laskar Pelangi ini telah menjadi ciri khas dari Kota Gantung. Destinasi wisata Laskar Pelangi pertama yang bisa kita dapati adalah Replika SD Muhammadiyah Gantung yang berada di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. SD Muhammadiyah Gantung atau juga dikenal dengan nama SD Laskar Pelangi ini memang telah menjadi ikon dari kisah Laskar Pelangi yang merupakan tempat belajar ikal dan teman-temannya. Maka dari itu dalam novel atau filmnya, SD Muhammadiyah Gantung selalu muncul dalam cerita. Walau memang SD Muhammadiyah Gantung saat ini merupakan replika, tapi dengan tata desain dan tata letak yang disesuaikan dengan kisahnya, maka pastinya Anda akan mendapatkan kesan mendalam. Di sini Anda bisa berfoto dengan background SD Muhammadiyah Gantung yang ikonik atau juga menelusuri serta menapak tilas ruangan demi ruangan di dalamnya.

Berikutnya jejak kisah Laskar Pelangi di Kota Gantung ini bisa kita dapati di Museum Kata Andrea Hirata. Andrea Hirata yang merupakan penulis kisah Laskar Pelangi tentunya memiliki sejuta hal yang berkaitan dengan kisah Laskar Pelangi. Dari sinilah Anda yang ingin lebih dalam mengenal kisah Laskar Pelangi, bisa datang ke Museum Kata Andrea Hirata yang tentunya berada di Kota Gantung, tepatnya di Jalan Laskar Pelangi Nomor 7 di Desa Gantong, Belitung Timur. Selain gambar dan foto yang mengisahkan kisah Laskar Pelangi, di Museum Kata Andrea Hirata yang ditasbihkan sebagai museum sastra pertama di dunia ini kita juga bisa mendapati kata-kata yang menggugah semangat seperti Bermimpilah, maka Tuhan akan memeluk mimpimu.

foto #2 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

WISATA SEJARAH KOTA GANTUNG

Wisata menarik lain yang bisa Anda dapati di Kota Gantung ini adalah wisata sejarah. Gantung yang merupakan tempat atau lokasi penghasil timah terbesar di pulau Belitung pada masanya ini pastinya menyimpan riwayat panjang di dalamnya. Jejak peninggalan kebesaran Kota Gantung sebagai lokasi pertambangan ini bisa kita telusuri di beberapa sudut kota, seperti bekas tanah pertambangan atau bekas perusahaan PT. Timah yang sudah gulung tikar. Wisata sejarah lain yang bisa kita jumpai di Kota Gantung ini adalah Bendungan Pice. Bendungan Pice ini memang bukan sembarang bendungan. Pasalnya, Bendungan Pice ini merupakan bendungan kuno yang dibangun sejak zaman Belanda tepatnya antara tahun 1934 – 1936. Dengan riwayat panjangnya membuat bendungan dengan panjang sekitar 79 meter dan pintu air yang berjumlah 16 akan sangat mengesankan untuk dikunjungi.

foto #3 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

WISATA ALAM KOTA GANTUNG

Anda yang menyukai wisata alam juga tak perlu khawatir saat berada di Kota Gantung. Pasalnya di sini, Anda juga bisa mendapati beberapa destinasi wisata alam yang memukau. Beberapa destinasi wisata alam yang bisa Anda dapati di Kota Gantung antara lain Pantai Gusong Cine, Gunong Lumut dan juga Sungai Linggang. Di pantai Gusong Cine yang berada di Dusun Lidun, Desa Batu Penyu, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur ini kita bisa menjumpai pemandangan alam yang memukau dan juga budaya atau tradisi selamatan laut yang khas dan melegenda. Sementara itu Anda yang menyukai petualangan yang menantang adrenalin, bisa menuju ke Gunong Lumut untuk melakukan penjelajahan dan menikmati pemandangan dari ketinggian. Dan ketika berada di Sungai Linggang yang merupakan sungai bersejarah di Gantung, Anda bisa menikmati pemandangan dengan kesan alami yang mendalam dan juga menenangkan saat sore hari jelang petang.

foto #4 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

WISATA LAIN DI KOTA GANTUNG

Tak kalah menariknya dari wisata Laskar Pelangi, wisata sejarah dan wisata alam di Kota Gantung, Anda di sini juga masih bisa mendapati beberapa wisata lain untuk ditelusuri. Pertama, wisata lain yang bisa Anda telusuri di Kota Gantung yaitu Rumah Keong yang berada di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Rumah Keong ini akan sangat tepat dikunjungi oleh Anda yang menyukai wisata Instagramable. Ini karena Rumah Keong merupakan sebuah bangunan mirip hewan keong yang dibuat dari bahan rotan (dum) yang tentunya berarsitektur menarik. Jadi berada di Rumah Keong Anda bisa melakukan kegiatan fotografi dengan hasil yang keren. Selain berfoto-foto, di Rumah Keong ini Anda juga bisa menikmati suguhan pemandangan alam yang indah, terutama di pagi dan sore hari jelang petang.

foto #5 https://www.belitungisland.com
https://www.belitungisland.com

Berikutnya wisata lain yang bisa Anda kunjungi di Kecamatan Gantung adalah Dermaga Kirana. Dermaga Kirana yang berada bersebelahan dengan Rumah Keong ini juga menarik untuk didatangi. Sebab di Dermaga Kirana ini Anda bisa naik perahu untuk menyusuri Sungai Lenggang dan juga bersantai untuk melepas jenuh dan penat. Destinasi wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Kampoeng Ahok. Meski merupakan tokoh kontroversional, namun fenomena Ahok membuat tanah kelahirannya di Gantung, Belitung Timur ini jadi marak dikunjungi. Bahkan karena semakin tingginya kunjungan wisatawan ke tempat kelahiran Ahok membuat daerah ini kemudian mendapat sebutan Kampoeng Ahok. Berada di Kampoeng Ahok sendiri Anda bisa melakukan napak tilas riwayat hidup Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) semasa kecilnya dan juga melihat rumah serta beberapa foto Ahok.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar