Tips Berlibur dan Berwisata ke Belitung di Masa New Normal

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #235
 
 Asep Irwan Gunawan  31/08/2020
Location: Belitung VIEW 42493131 LIKE 4

Di masa New Normal, beberapa bidang kehidupan memang secara bertahap mulai dibuka. Salah satu sektor perekonomian yang diizinkan pemerintah pusat untuk memulai aktivitasnya adalah pariwisata. Mengingat Belitung telah tergolong zona hijau maka wisatawan pun diperbolehkan untuk mengunjungi beberapa kawasan wisata di Negeri Laskar Pelangi tersebut. Pembukaan kembali sektor wisata di Belitung untuk para pelancong sendiri dimulai pada bulan Juli 2020. Namun karena masih pandemi Covid-19 yang belum usai, membuat kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum merencanakan liburan. Nah berikut beberapa tips yang bisa kamu jalankan agar kegiatan wisata ke Belitung di era New Normal lebih menyenangkan.

1. Lihat Ketentuan dan Persyaratan

foto #0 Tips liburan ke Belitung era New Normal
Tips liburan ke Belitung era New Normal

Tips pertama berlibur dan berwisata ke Belitung di era New Normal adalah dengan melihat ketentuan dan persyaratan yang diajukan. Di beberapa daerah memang ada yang mensyaratkan wisatawan untuk membawa dokumen hasil rapid tes untuk bisa masuk dan berlibur ke sebuah destinasi. Nah dari sinilah sebelum berangkat, cobalah terlebih dulu mengakses internet untuk mencari tahu informasi ketentuan berwisata di destinasi Belitung pada masa New Normal. Bila memang ada yang mensyaratkan hasil rapid tes maka mau tak mau kamu harus melengkapinya terlebih dahulu.

2. List Wisata yang Akan Dituju

foto #1 Tips liburan ke Belitung era New Normal
Tips liburan ke Belitung era New Normal

Meskipun pariwisata di Belitung secara umum sudah dibuka mulai bulan Juli, tapi belum semua destinasi dapat dikunjungi. Maka dari itu supaya kamu tidak menyesal ketika berlibur di Belitung, pastikan untuk mendapatkan informasi mengenai destinasi-destinasi wisata yang memang sudah dibuka. Dari sini tulis dalam list atau daftar beberapa destinasi yang sudah dibuka dan akan kamu kunjungi.

3. Perhatikan Tempat Kamu Menginap

foto #2 Tips liburan ke Belitung era New Normal
Tips liburan ke Belitung era New Normal

Dalam era New Normal, setiap penyelenggara atau pelaku usaha wisata sepeti hotel memang diharuskan untuk menjalankan protokol kesehatan. Nah dari sinilah kamu harus memperhatikan tempat kamu menginap di Belitung. Pastikan tempat bermalam tersebut benar-benar menerapkan protokol kesehatan dengan baik hingga membuatmu aman dari penularan Covid-19.

4. Patuhi Protokol Kesehatan

foto #3 Tips liburan ke Belitung era New Normal
Tips liburan ke Belitung era New Normal

Berikutnya, tips berwisata ke Belitung di era New Normal adalah mematuhi protokol kesehatan. Saat berada dalam perjalanan menuju Belitung atau di lokasi wisata, kamu memang harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Pasalnya di tengah situasi pandemi yang belum berakhir, membuat kemungkinan apa pun bisa terjadi, termasuk peluaran virus corona. Beberapa wujud protokol kesehatan yang harus kamu jalankan tersebut antara lain menggunakan masker atau face shield, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

5. Cermati Transportasi

foto #4 Tips liburan ke Belitung era New Normal
Tips liburan ke Belitung era New Normal

Selain mencermati tempat menginap, kamu juga perlu memperhatikan transportasi yang akan digunakan saat dalam perjalanan atau ketika berada di Belitung. Apalagi bila berniat menggunakan moda transportasi umum, maka kamu harus lebih serius mencermatinya. Pasalnya, transportasi umum hingga sekarang memang masih dinilai bisa memicu penularan Covid-19. Dari sinilah kamu perlu memastikan keamanan transportasi yang aman ketika akan berlibur ke Belitung di era New Normal.

6. Pilih Agen Wisata Terpercaya

foto #5

Bila ingin berwisata dengan jasa atau layanan dari agen, kamu harus bisa memilih agen yang terpercaya. Agen wisata di masa pandemi Covid-19 memang perlu dicermati dengan lebih seksama. Pasalnya bila agen wisata yang dipilih tidak serius mengikuti protokol kesehatan, maka kesehatanmu bisa terancam oleh virus corona. Maka dari itu jangan sampai kamu ceroboh dengan memilih agen wisata Belitung yang tidak serius menerapkan protokol kesehatan.

7. Bawa Perlengkapan Anti Corona

Terakhir, tips berlibur dan berwisata ke Belitung di masa New Normal adalah dengan selalu membawa perlengkapan anti corona. Karena virus corona yang tidak terlihat mata, maka kita perlu selalu waspada untuk mencegahnya. Salah satu cara untuk bisa mencegah penularan Covid-19 ini adalah dengan membawa perlengkapan anti corona seperti masker, hand sanitizer, face shield, pakaian ganti serta perlengkapan makan dan minum pribadi. Ketika kamu selalu sedia dengan perlengkapan ini maka kegiatan berliburmu di Belitung akan lebih leluasa dan menyenangkan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu jalankan ketika berencana akan berlibur atau berwisata ke Belitung. Beberapa tips di atas memang bukan sekedar pelengkap liburan. Sebab di tengah pandemi yang masih berlangsung, maka kita wajib untuk selalu waspada menjaga kesehatan diri dari penularan Covid-19 yang bisa saja terjadi.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar