Totalitas Berlibur di Pulau Lengkuas

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #147
 
   23/09/2017
Location: Belitung VIEW 34816 LIKE 607


Ketika membahas mengenai Belitung maka pantai, batu granit, mercusuar dan kulinernya akan menjadi topik utama. Pantai adalah salah satu destinasi terbaik untuk menikmati keindahan alam Belitung. Tapi jika anda ingin merasakan totalitas berlibur saat di Belitung, maka Pulau Lengkuas adalah jawabannya. Pulau cantik nan mungil ini bisa dibilang menjadi destinasi wisata Belitung yang banyak dikunjungi wisatawan.



Pulau Mungil nan Cantik Dengan Nama yang Unik




Saat menginjakkan kaki pertama kali di pulau yang memiliki luas hanya 1 hektar ini, anda akan terpesona dengan panoramanya. Hamparan pasir putih yang begitu kontras dengan birunya air laut membuat mata tidak akan jemu untuk memandangnya. Tidak lupa juga dengan kumpulan bongkahan batu granit raksasa yang ada di pulau ini menambah eksostisme Pulau Lengkuas. Lambaian nyiur yang ada di Pulau Lengkuas juga sukses menarik para wisatawan untuk menginjakkan kaki di pulau ini.




Jernihnya air di perairan Pulau Lengkuas akan membuat anda bisa melihat dasar laut. Bahkan anda akan terpesona dengan keindahan karang dan juga ikan-ikan kecil yang berenang kesana-kemari. Tidak cukup sampai disitu, bongkahan besar batu granit yang terhampar di tepi pantai akan menarik anda untuk menjelajahinya.




belitung-news




Sebagai informasi tambahan, mungkin beberapa dari anda penasaran kenapa pulau ini bernama Pulau Lengkuas. Nama ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan nama rempah yang biasa digunakan untuk memasak. Konon, dulu Belanda menyebut pulau ini sebagai lighthouse yang memiliki makna mercusuar. Tapi karena lidah orang Indonesia cukup sulit melafalkan kata dalam bahasa inggris, maka pengucapan lighthouse lama-lama berubah menjadi lengkuas.



Keseruan Berlibur di Pulau Lengkuas




Ada cukup banyak kegiatan seru yang bisa anda lakukan di Pulau Lengkuas. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:




Menikmati Keindahan Pantai di Belitung dari Mercusuar




Keseruan yang satu ini tidak akan anda temukan di destinasi wisata sejenis lainnya. Di Pulau Lengkuas anda akan menemukan sebuah mercusuar setingga 62 meter yang didirikan sejak tahun 1882 berdiri kokoh di tengah pulau.
Meskipun sejak bulan Mei tahun 2017 lalu pengunjung dilarang menaiki atau masuk ke dalam mercusuar. Tapi kabar baiknya pengunjung sudah bisa menaiki kembali menara suar sejak Juni tahun 2017 kemarin, meskipun pengunjung hanya boleh naik hingga ke lantai 3 saja. Menurut ketentuan yang berlaku, mercusuar atau menara suar memang seharusnya steril dari pengunjung. Namun mengingat mercusuar ini tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk memantau lalu lintas kapal yang keluar masuk Pulau Belitung saja. Melainkan juga cenderung dimanfaatkan sebagai destinasi wisata, maka pemerintah akan memberlakukan SOP yang harus ditaati oleh pengunjung dan juga pemerintah setempat sebagai pengelola.
Total 18 lantai yang ada di mercusuar ini akan menguras tenaga anda. Tapi tenang, karena di setiap lantai ada jendela yang membuat anda bisa menikmati panorama di sekitar. Saat berada di puncaknya, anda bisa melihat pantai-pantai dan juga pulau-pulau kecil yang ada di wilayah Belitung dengan sangat jelas.




belitung news




Snorkeling dan Berenang




Kegiatan seru lain yang bisa anda lakukan saat berada di Pulau Lengkuas adalah berenang dan snorkeling. Khusus untuk snorkeling, anda bisa membawa perlengkapan sendiri atau menyewa perlengkapan di Pulau Lengkuas.
Kondisi perairan yang bersih dan warna air lautnya yang biru akan membuat kegiata berenang dan snorkeling terasa lebih menyenangkan. Kumpulan karang yang masih muda dan lalu-lalang ikan di sekitar anda akan membuat penat menghilang.




Berkeliling Pulau Lengkuas




Mengingat luas pulau ini hanya sekitar 1 hektare, maka anda bisa dengan mudah mengelilingi pulau ini. Total, anda hanya perlu waktu sekitar 20 menit saja untuk bisa mengeliling Pulau Lengkuas. Sepertinya anda lebih membutuhkan tenaga ekstra untuk menaiki mercusuar, dibandingkan dengan mengelilingi pulau.




belitung news




Menginap di Pulau Lengkuas




Keseruan lain yang bisa anda rasakan saat berada di Pulau Lengkuas adalah menginap. Menginap di sini, bukan seperti menginap di hotel atau resort tapi lebih cenderung ke cara konvensional yaitu mendirikan tenda. Anda bisa berlibur bersama sahabat atau orang terkasih lalu mendirikan tenda di tepi pantai. Dengan begini anda akan bisa merasakan kesunyian dan ketenangan yang begitu identik dengan Pulau Lengkuas. Sebagai informasi tambahan untuk anda yang tidak ingin menginap di Pulau Lengkuas, anda bisa menginap di hotel atau penginapan yang terletak di sekitar Tanjung Kelayang. Tapi apakah anda rela melepas kesempatan untuk bisa menginap di pulau cantik yang satu ini?




Memancing




Anda hobi memancing? Tenang saja, karena di Pulau Lengkuas anda masih bisa menjalankan hobi yang membutuhkan kesabaran ekstra ini. Anda bisa menyewa perahu untuk bisa sampai di spot pemancingan terbaik yang ada di sekita Pulau Lengkuas. Bahkan kabarnya spot memancing terbaik di Belitung ada di sekitar Pulau Lengkuas. Beberapa jenis ikan yang diburu oleh pemancing adalah ikan kakap merah dan ikan mayong.




Selain keseruan di atas, ada satu hal yang harus anda ketahui lagi tentang Pulau Lengkuas. Di pulau ini masih belum ada sumber air bersih yang memadai. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih, Pulau Lengkuas masih harus mengambil air dari pulau lain yang ada disekitarnya.




belitung news



Bagaimana Cara Menuju Ke Pulau Lengkuas?




Secara administratif, Pulau Lengkuas terletak di Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung. Untuk anda yang ingin mengunjungi Pulau Lengkuas tidak perlu khawatir lagi karena ada 2 titik awal yang bisa anda pilih untuk menuju ke Pulau Lengkuas. Dua titik tersebut adalah Tanjung Kelayang dan Tanjung Binga. Dari kedua titik ini, anda bisa menyewa perahu menuju Pulau Lengkuas. Total lama perjalanan laut yang harus anda tempuh adalah sekitar 25-45 menit.
Meskipun durasinya cukup lama, tapi selama perjalanan berlangsung, anda akan menyaksikan keindahan laut Belitung beserta pulau-pulau kecil yang dilewati. Berikut adalah rincian rute yang bisa anda tempuh dari kedua titik tersebut:





Rute Tanjung Kelayang




Jika anda memulai perjalanan dari Desa Tanjung Kelayang, maka anda akan bisa menikmati keindahan beberapa pulau dengan pantai cantiknya. Rute ini akan membawa anda melewati Pulau Pasir, Pulau Babi (Pulau Kepayang), dan Pulau Pegadoran sebelum sampai di Pulau Lengkuas.




Rute Tanjung Binga




Lalu untuk anda yang memulai perjalanan dari Tanjung Binga, maka anda akan melewati dua pulau saja sebelum bisa sampai di Pulau Lengkuas. Dua pulau itu adalah Pulau Lutung dan Pulau Burung.




belitung news




Kapan Waktu Terbaik Untuk Berkunjung Ke Pulau Lengkuas?




Beberapa destinasi wisata memiliki rentang waktu terbaik untuk dikunjungi. Ini juga berlaku untuk Pulau Lengkuas. Mengingat pulau ini cukup kecil maka perubahan cuaca dan iklim bisa cukup berpengaruh. Lebih baik bagi Anda untuk mengunjungi pulau ini dari bulan Maret hingga Desember. Meskipun saat ini cuaca cukup sulit untuk diprediksi, tapi mengunjungi Pulau Lengkuas saat musim kemarau adalah pilihan terbaik.




Saat memasuki musim kemarau, anda tidak akan dihadapkan pada air pasang ataupun angin laut yang cukup kencang. Jadi liburan anda akan terasa lebih menyenangkan bukan?
Selamat berlibur.


Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar