Gangan, Kuliner Khas Belitung yang Menggugah Selera

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #207
 
 Asep Irwan Gunawan  24/11/2019
Location: Belitung VIEW 10009 LIKE 221

Berada di daerah pesisir pantai maka sangat wajar bila kita mendapati menu-menu olahan ikan. Begitu pula saat kita berkunjung ke Belitung yang terkenal dengan pantainya yang indah, maka kita akan bisa menjumpai banyak olahan ikan dan olahan seafood lainnya. Beberapa diantara menu berbahan dasar binatang laut yang bisa kita jumpai di Belitung adalah mi belitung dengan kaldu udang, berego dengan kari ikan, kerang bekicot laut kungpao, sate ikan, seafood goreng dan lain sebagainya. Satu menu lagi khas Belitung dari bahan dasar ikan yang sangat menarik untuk dinikmati adalah Gangan.

Karakteristik Gangan

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Layaknya Berego, nama Gangan di Negeri Laskar Pelangi ini memang sudah populer. Maka dari itu bila Anda datang ke Belitung tanpa mencicipi Gangan maka akan ada hal yang kurang dalam liburan Anda tersebut. Gangan sendiri merupakan nama olahan sup ikan dari bumbu masakan yang memiliki karakter khas yakni warna kuning. Warna kuning dari bumbu gangan sendiri dibuat dengan menggunakan kunyit dan nanas Belitung yang memiliki rasa asam khas dan cita rasa unik.

Jenis-jenis Gangan

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Dari arti sejati dari gangan ini yang merupakan bumbu, maka akan bisa kita jumpai beberapa jenis dari gangan. Sebut saja seperti gangan darat yang berupa ikan danau atau daging hewan, gangan laut dengan bahan ikan laut serta juga gangan kepiting. Tapi memang dari sekian banyak ganggan, bahan dasar ikan atau gangan ikan yang paling banyak ditemui. Bahan ikan yang banyak digunakan untuk membuat gangan sendiri adalah ikan ketarap yang banyak ditemui di perairan Bangka-Belitung. Ikan ketarap sendiri memiliki kulit keras yang membuatnya perlu menggunakan teknik tertentu untuk proses memasaknya. Namun demikian pemilihan ikan ketarap sebagai bahan menu gangan ini banyak disukai karena memiliki daging yang sudah gurih meskipun tidak dibumbui. Gurihnya ikan ketarap ini disebabkan habitat hidupnya yang berada di pasri laut Belitung yang banyak mengandung kaolin.

Cita Rasa Gangan

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Setelah dimasak, menu gangan sendiri akan kita jumpai berwujud seperti sup ikan bercitarasa spesial. Ada yang bilang menu ini seperti gulai. Tapi gangan berbeda dengan gulai karena pada gangan tidak dijumpai santan. Tidak hanya bercita rasa asam, tapi setelah dicicipi, gangan ini akan menghadirkan pula rasa manis dan pedas. Dari perpaduan rasa manis, pedas dan asam ini lah gangan akan terasa sangat segar ketika disantap. Rasa asam dari gangan sendiri bukan berasal dari asam Jawa, tapi dari nanas Belitung yang memiliki bentuk besar. Untuk membuat cita rasa gangan ini semakin istimewa, maka nanas yang dipilih umurnya tidak oleh terlalu tua, namun sudah bisa dipanen. Biasanya nanas yang tidak tua tapi sudah bisa dipanen ini berusia sekitar tiga hingga tiga setengah bulan. Cara menyantap daging gangan ikan ketarap sendiri adalah memisahkannya dari kulit atau mengerok bagian dalam dagingnya. Tapi sebenarnya kulit dari ikan ketarap yang keras tersebut bisa dimakan. Sebab saat di kunyah kulit ikan ketarap ini terasa garing dan renyah. Daging ikan ketarap yang gurih ini pastinya akan semakin nikmat bila dimakan dengan sepiring nasi yang panas atau hangat.

Popularitas Gangan

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Kepopuleran gangan sendiri membuat menu ini banyak dijumpai diberbagai tempat dari obyek wisata, hotel hingga warung makan. Dari sini maka Anda yang ingin mencicipi gangan, tak perlu kerepotan mencari tempat makannya. Gangan memang sudah menjadi menu sehari-hari warga atau keluarga di Belitung. Setiap harinya, menu gangan ini hampir selalu ada di meja makan setiap keluarga. Bahkan ketika ada perayaan besar seperti acara pernikahan atau lebaran maka menu gangan ini akan menjadi hal yang paling utama untuk disajikan. Dalam tradisi makan Bedulang sendiri, menu gangan juga tak pernah terlewatkan. Saat Bedulang atau tradisi makan bersama-sama ini digelar, maka sup gangan akan ditempatkan di tengah nampan besar yang dikelilingi masakan-masakan lain. Bahkan dibeberapa hotel, menu gangan ini menjadi salah satu hidangan terfavorit dari tamu-tamu yang menginap di hotel. Di hotel sendiri, wisatawan asing sangat menyukai gangan ikan ketarap yang difilet sehingga aman dari tulang dan duri.

Persiapan Memasak Gangan Ikan

foto #4 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Sebelum memasak menu gangan ikan yang lezat, tentu Anda harus mempersiapkan bahan-bahannya dulu dengan lengkap. Bahan-bahan untuk membuat gangan ikan antara lain bawang merah, butir kemiri, bawang putih, kunyit, lengkuas, cabe rawit, jahe dan serai, nanas setengah matang, kupas, potong menjadi dadu, terasi udang, secukupnya garam dan gula serta air. Anda bisa menambahkan asam Jawa bila dirasa tidak mendapatkan nanas Belitung atau kurang terasa asam. Pilihan lain untuk nanas yang rasa asamnya kuat disertai rasa manis adalah nanas mengkal. Jangan lupakan juga bahan utamanya yakni ikan. Ikan yang digunakan tidak harus ikan ketarap. Tapi Anda juga bisa menggunakan ikan kakap merah, ikan tenggiri, ikan libam, ikan boronang, ikan kue, ikan bulat, ikan kerisi, ikan kakap atau ikan kembung. Untuk memasaknya sendiri jangan lupa untuk menambahkan cabe supaya ada rasa pedas. Rasa pedas pada gangan sendiri bukan tanpa maksud. Tapi rasa pedas pada gangan ini digunakan untuk menetralkan bau amis pada ikan dan menambah sensasi segar.

Proses Memasak Gangan Ikan

foto #5

Setelah semua bahan sudah siap maka saatnya untuk memasak. Untuk memasak sup gangan ini terbilang sederhana dan tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Bila Anda sudah terbiasa memasak, maka membuat sup gangan ikan ini hanya akan memakan waktu sekitar 40 menit. Jadi dari sini Anda tak perlu khawatir dulu dengan membayangkan memasak gangan ini akan ribet dan lama. Untuk memasak gangan disarankan oleh para chef memasaknya dengan cara tradisional sesuai tipe makanannya yang tradisional pula. Jangan lupa saat memasaknya gunakan api kecil. Berikut langkah-langkah memasak gangan ikan yang lezat.

1. Pertama, bersihkan ikan dan potong sesuai selera.

2. Setelah itu berikan potongan ikan dengan jeruk nipis atau asam dan garam, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.

3. Berikutnya, didihkan air.

4. Kemudian, haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, kemiri, kunyit, lengkuas, terasi dan jahe (bila digunakan).

5. Selanjutnya, masukkan bumbu kedalam air yang sudah mendidih. Didihkan bumbu selama 5 menit.

6. Terakhir, masukkan ikan tunggu hingga mendidih. Masukkan nanas, garam, dan gula. Tunggu hingga mendidih. Cicipi rasanya. Didihkan lagi 5 menit. Matikan api.

Dari sini maka gangan akan menjadi menu yang seharusnya Anda coba. Entah itu mencicipinya saat berkunjung ke Belitung, atau membuatnya di rumah sesuai arahan yang telah diberikan. Menu sup gangan ini tentu akan menjadi alternatif sajian di rumah saat Anda sudah bosan dengan hidangan ikan yang digoreng atau dibakar. Gangan yang sudah populer di Belitung karena pertumbuhan pariwisatanya ini memang sangat menarik untuk bisa dinikmati. Jangan lupa juga bahwa sup gangan ini terbilang menu yang sehat karena dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan dan diolah tanpa memakai minyak sedikitpun.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar