Membolang Seru Membalong

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #168
 
 Asep Irwan Gunawan  11/06/2018
Location: Belitung VIEW 7797 LIKE 474

Membalong adalah salah satu kecamatan yang berada di Selatan Kabupaten Belitung yang tak kalah menariknya dengan daerah lain untuk dikunjungi. Dengan suguhan beberapa destinasi wisata yang ada di sana membuat Kecamatan Membalong juga bisa Anda jadikan salah satu referensi untuk mem’bolang’ seru bersama teman atau keluarga. Obyek wisata yang ada di Kecamatan Membalong sendiri tidak hanya memiliki satu jenis wisata saja. Tapi di Kecamatan Membalong kita bisa mendapati beberapa jenis wisata yang membuat kegiatan berpetualang atau bolang di sini lebih seru dan menyenangkan. Nah berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang menarik untuk Anda datangi untuk kegiatan bolang di Kecamatan Membalong, Belitung.

1. Pantai Penyabong

foto #0 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Pertama, destinasi wisata yang bisa kita kunjungi di Kecamatan Membalong adalah Pantai Penyabong. Di pantai yang berjarak 70 km dari Kota Tanjung Pandan ini kita bisa mendapati bebatuan granit yang saling sambung-menyambung satu sama lain. Dari sinilah kemudian muncul nama Pantai Penyabong berasal dari kata “penghubung”. Berada di pantai ini kita akan merasakan ketenangan karena suasananya yang tidak terlalu ramai pengunjung. Bahkan begitu sepinya Pantai Penyabong ini membuat kita tak perlu mengeluarkan uang untuk masuk ke sini. Meski sepi tapi pesona Pantai Penyabong tak bisa disepelekan begitu saja. Sebab di sini kita bisa mendapati panorama pantai yang masih alami. Selain bebatuan granit, di Pantai Penyabong ini kita juga bisa mendapati suguhan pasir putih yang masih bersih. Satu lagi sajian yang khas dari Pantai Penyabong ini adalah pepohonan yang rindang. Dari adanya pepohonan yang rindang inilah maka kita bisa merasakan kenyamanan dan keteduhan saat bersantai di sini. Menariknya lagi saat kita berjalan-jalan di pantai ini kita akan juga bisa belajar nama-nama pepohonan dari papan yang dibuat oleh mahasiswa UGM yang KKN di daerah pantai ini yakni di Desa Padang Kandis.

2. Batu Baginde

foto #1 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Tidak jauh dari Pantai Penyabong kita juga bisa mendapati sebuah tempat unik yang dianggap bersejarah bahkan keramat. Tempat ini bernama Batu Baginde atau Batu Baginda. Meski banyak masyarakat yang menganggap keramat namun Batu Baginde tetap saja menarik untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan Batu Baginde adalah sebuah batuan granit berukuran raksasa yang berada di tengah daratan. Besarnya ukuran Batu Baginde ini terlihat dari catatan diameternya yang mencapai 1,5 meter dan mencapai ketinggian hingga 250 meter. Dengan besar dan tingginya Batu Baginde ini bahkan ada berapa yang menyebut bahwa destinasi ini adalah sebuah bukit. Selain menyaksikan pemandangan indah dari atas Batu Baginde, di sini kita juga bisa melakukan kegiatan fotografi yang seru. Dari kegiatan fotografi di Batu Baginde maka Anda akan mendapatkan hasil gambar yang keren. Tapi saat Anda berkegiatan di atas Batu Baginde usahakan untuk menjaga sikap karena ada beberapa kepercayaan yang menyakini bahwa lokasi Batu Baginde ini adalah tempat yang sakral.

3. Air Terjun Jurak Insum

foto #2 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Bila Anda ingin mandi dan berenang di tempat yang menyegarkan maka Air Terjun Jurak Insum adalah pilihan yang tepat. Air terjun yang juga disebut Air Terjun Kepala Kawai ini memang memiliki air yang jernih dan bersih sehingga akan mmebuat kegiatan mandi dan berendam di sini sangat menyenangkan dan menyegarkan. Dengan aliran air yang tidak deras membuat kita saat mandi di kolam juga bisa merasakan gemericik air terjun yang turun perlahan tersebut. Air Terjun Jurak Insum yang berada di Dusun Aik Nangka, Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung sendiri memiliki tujuh tingkatan yang membuat aliran Air Terjun Jurak Insum sangat enak dipandang. Air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter ini juga memiliki lingkungan yang masih sangat lestari dan alami. Hal ini karena lokasi Air Terjun Jurak Insum berada di kawasan hutan lintung dengan luas 10 hektar. Tidak hanya mandi dan bersantai atau berfoto-foto yang bisa kita lakukan di sini. Tapi di sekitaran air terjun dimana terdapat batu berbentuk boulder yang tegak ke atas membuat pengunjung yang datang juga bisa melakukan kegiatan rock climbing.

4. Pulau Seliu

foto #3 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Kegiatan bolang seru lainnya yang dapat Anda lakukan di Kecamatan Membalong adalah mengeksplorasi Pulau Seliu. Meski terbilang wisata baru dan memiliki luasan yang tidak terlalu besar yakni 1.530 hektar, Pulau Seliu sangat menarik untuk dikunjungi. Di Pulau yang masih alami dan lesatri karena belum banyak terjamah ini kita bisa mendapati beberapa hal seperti yang ternama di sini yaitu Pantai Marangbulo. Pantai Marangbulo memang salah satu wisata menarik dan juga menjadi tujuan utama pelancong yang datang ke Pulau Seliu. Di Pantai Marangbulo ini kita bisa mendapati sajian air laut yang jernih, pasir putih yang bersih. Tidak hanya itu di Pantai Marangbulo kita juga bisa mendapati sajian bebatuan granit yang eksotis. Selain Pantai Marangbulo, di Pulau Seliu ini kita juga bisa menjumpai kampung nelayan dengan suasana desa yang masih sangat terasa. Saat berkunjung ke kampung nelayan ini kita juga bisa membeli oleh-oleh dari komoditi yang diproduksi di sini seperti ikan asin, kopra, emping dan mangga. Berada di beberapa desa di Pulau Seliu ini kita tidak akan menjumapai mobil. Kendaraan bermotor roda dua pun hanya kita jumpai beberapa saja. Kebanyakan masyarakat di Pulau Seliu ini memang banyak yang menggunakan sepeda kayuh atau Kentangin dalam bahasa setempat untuk beraktivitas.

5. Air Terjun Gunung Kubing

foto #4 http://www.belitungisland.com
http://www.belitungisland.com

Terakhir, destinasi wisata yang bisa kita datangi di Kecamatan Membalong untuk kegiatan bolang adalah Air terjun Gunung Kubing. Dinamankan Air Terjun Gunung Kubing karena memang lokasi air terjun ini yang berada di Kawasan Gunung Kubing, tepatnya di Desa Perpat, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. Karena berada di kawasan gunung maka untuk mencapai air terjun ini Anda perlu mempersiapkan fisik guna mendakinya. Dengan suasana yang masih alami karena jarang terjamah membuat kegiatan bolang di Air Terjun Gunung Kubing ini akan semakin menarik. Yang pasti kegiatan bolang di Air Terjun Gunung Kubing ini akan cocok untuk Anda yang suka berpetualang. Berada di Air Terjun Gunung Kubing sendiri kita akan mendapati air terjun yang berair jernih yang sangat nyaman untuk berendam. Selain itu Air Terjun Gunung Kubing yang berada di ketinggian ini membuat kita bisa menyaksikan pemandangan dari atas kolam air terjun. Dari sini maka kegiatan berendam di Air Terjun Gunung Kubing menjadi sebuah kegiatan yang sangat berkesan layaknya berendam di kolam renang gedung tertinggi (infinity pool). Berendam di Air Terjun Gunung Kubing sendiri semakin nyaman karena guyuran air terjun di sini turun dengan perlahan melewati bebatuan.

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar