Sambel Pelangi Tambah Cita Rasa Belitung

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #106
 
   9/04/2015
Location: VIEW 4272 LIKE 2098
BERWISATA ke Belitung tak hanya bisa menikmati panorama keindahan alamnya saja. Namun para wisatawan juga bisa mencicipi kenikmatan kuliner di Belitung. Salah satu menu makanan yang tersedia di Belitung adalah ayam goreng kampung pelangi di Pondok Ayam Kampung Mbah Saerah.



Berlokasi di Jalan Sabar, Kelurahan Kota, Tanjungpandan, Pondok Ayam Kampung Mbah Saerah mengandalkan menu makan ayam goreng kampung dengan sambal pelangi. Disebut sambal pelangi karena memiliki lebih dari satu warna, hal ini karena jenis sambal pelangi juga lebih dari satu. Diantaranya sambal terasi, sambal ijo dan sambal serai.




Selain ayam kampung, penikmat kuliner juga bisa memilih ayam jenis lain sebagai sajiannya. Karena pengelola rumah makan juga menyediakan ayam broiler. Ayam tersebut bisa dimasak menjadi ayam goreng laos maupun ayam goreng serai yang khas Belitung, tinggal menyesuaikan lidah penikmat.



Harga menu spesial ini tergolong tak banyak menguras isi dompet penikmat kuliner. Sangat terjangkau bagi wisatawan, namun dengan sajian tak layaknya rumah makan berkelas.



Satu paket ayam kampung goreng terdiri dari nasi, ayam kampung, sayur asem atau sop (konsumen bisa memilih salah satu), sambel pelangi, dan lalap hanya dibandrol Rp 25.000. Sedangkan untuk satu paket ayam broiler goreng dijual Rp 15.000.



"Ciri khasnya disini sambal pelangi. Salah satunya sambel serai ini khas Belitung. Dan yang paling laku adalah sambel serai. Pengunjung dari luar juga bisa mencicipi khas Belitung," ujar Ririn Faizal, pengelola Pondok Ayam Kampung Mbah Saerah.



Semula menu ini tersedia di rumah makan mobil di kawasan Pantai Tanjungpendam setiap hari Minggu sejak November 2014. Namun sejak pertengahan Februari 2015, pengelola mendirikan pondok rumah makan di Jalan Sabar, di halaman rumahnya. Namun khusus hari Minggu tetap berjualan di kawasan Pantai Tanjungpendam.



Bagi penikmat kuliner yang tak sempat mengunjungi lokasi rumah makan, pengelola juga menyediakan layanan delivery order. Untuk lokasi pengorder di Kelurahan Kota, bisa order dengan jumlah satu atau dua porsi. Sedangkan di luar lokasi tersebut biasanya di atas dua paket. (*)



Menu Lain Pondok Ayam Kampung Mbah Saerah:

- Gangan

- Nasi uduk

- Pecel Madiun

- Gado-gado

- Pecel Belitung

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar