Wisatawan Berkesempatan Saksikan Muang Jong

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #132
 
   12/09/2015
Location: VIEW 4456 LIKE 1013
WISATAWAN Belitung yang berkunjung ke Pantai Tanjungtinggi, Kecamatan Sijuk periode awal Oktober 2015 sangat beruntung. Pasalnya masyarakat Desa Tanjungtinggi akan menggelar perayaan selamatan laut yang dikenal dengan nama Muang Jong.



Rencananya kegiatan adat yang dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat sekitar ini akan dilakukan pada tanggal 7 hingga 11 Oktober mendatang. Kegiatan akan dipusatkan di Pantai Bilik, Desa Tanjungtinggi, Sijuk.



Selamatan laut dilakukan untuk melestarikan adat istiadat masyarakat setempat dan menunjang sektor pariwisata di Kabupaten Belitung. Kegiatan ini diharapkan dapat dimanfaatkan travel agent untuk mengenalkan adat istiadat asli Belitung ke wisatawan.



Kegiatan Muang Jong dikemas dalam festival unggulan desa setempat. Acara puncak digelar Muang Jong ke tengah laut dengan menggunakan perahu nelayan untuk melepas replika perahu yang dipimpin dukun kampong setempat.



Panitia penyelenggara juga menyiapkan kegiatan-kegiatan lain. Diantaranya pembukaan stan, tarian dan kebudayaan Belitong serta berbagai perlombaan untuk masyarakat sekitar. Kegiatan ini rencananya akan dihadiri segenap pejabat daerah.



"Adat budaya seperti ini saat sekarang harus dilestarikan dan perlu mendapatkan perhatian kita semua. Apalagi kami yang memiliki pencarian dari hasil laut, perlu mempertahankan adat budaya seperti ini," kata ketua panitia, Yudi. (*)

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar