Daerah Penggiat Kesenian Dulmulok Ingin Jadi Desa Adat

Artikel dan Berita Tentang Belitung
Add to bookmarkAdded
Belitung Article #114
 
   14/05/2015
Location: VIEW 4374 LIKE 453


DESA Kembiri di Kecamatan Membalong, Belitung ingin ditetapkan sebagai desa adat. Keinginan ini sebagai bentuk dukungan masyarakat desa setempat terhadap pembangunan sektor pariwisata oleh pemerintah daerah. Sehingga nantinya desa ini juga menjadi salah satu destinasi wisata.




Keinginan tersebut disampaikan tokoh masyarakat desa setempat saat menggelar Maras Taun, Minggu (10/5) di depan anggota DPRD Provinsi Kepulauan Babel dan beberapa pejabat Pemkab Belitung. Tokoh masyarakat desa setempat berharap pemda merealisasikan usulan penetapan desa adat ini.




Sarie, tokoh masyarakat Desa Kembiri mengatakan keinginan tersebut muncul dari masyarakat desanya. Selama ini masyarakat Desa Kembiri tetap menjaga kesenian-kesenian daerah agar tetap eksis ditengah era modern.




Kegiatan tradisional yang masih rutin dilaksanakan di desa tersebut antara lain nirok nanggok. Kegiatan mencari ikan secara tradisional ini dilakukan setiap tahunnya. Pembinaan kesenian tradisional lainnya seperti campak dan dulmulok juga dilakukan.




"Jadi untuk dulmulok ini ada dua grup, satu grup dewasa dan yang satunya anak-anak SD. Mereka sudah diajari dan dibina untuk melestarikan kesenian ini," papar Sarie.




Desa adat ini akan menambah referensi pariwisata ke Belitung kedepannya. Saat ini Belitung sebagai destinasi wisata baru masih mengandalkan potensi alam pantainya untuk mendongkrak pariwisata. Desa wisata ini diharapkan mendongkrak Belitung sebagai destinasi wisata dengan memperkuat kesenian dan kebudayaan. (*)

Tags: #ecns2007, #estudisprecolombins, #grupoalvorada


Komentar